Jumat, 27 September 2013

Latihan Operasi TNI Ditutup



Kamis, 26 September 2013


SAMARINDA. Latihan Posko I Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) yang digelar sejak Senin (23/9) lalu, yang diikuti seluruh jajaran TNI AD dibawah komando Kodam VI/Mulawarman, resmi ditutup Rabu (25/9) kemarin.

Ditutupnya kegiatan latihan posko operasi yang mengambil  tema “Korem Melaksanakan Tugas Operasi Bantuan Kepada Polri Dalam Rangka Membantu Mengatasi Terjadinya Konflik Komunal di Wilayah”, diitutup Kepala Staf Kodam C Brigjen TNI A Kadir Sultan.

Saat memberikan sambutan, Kadir membacakan amanat Pangdam VI/Mulawarman Mayor Jenderal TNI  Dicky W Usman, yang mengingatkan penilaian keberhasilan pelaksanaan latihan bukan diukur telah berjalannya mekanisme latihan sesuai dengan rencana yang telah dibuat.

"Melainkan harus diukur dari bagaimana pelaksanaan Latihan Posko I dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf, dalam menyelesaikan permasalahan yang ditemui baik saat prosedur hubungan Komandan dan Staf. Atau pada saat pengendalian operasi berlangsung dalam rangka membantu mengatasi terjadinya konflik komunal di wilayah," ucap Kadir.

Pengalaman dan pengetahuan yang di dapat selama pelaksanaan Latihan Posko I, hendaknya dijadikan referensi untuk dapat diterapkan pada pelaksanaan tugas kedepan nantinya jika terjadi suatu konflik komunal yang muncul.

"Sedangkan kekurangan dan kelemahan yang ditemukan dalam pelaksanaan latihan agar segera diperbaiki dan disempurnakan, sehingga pelaksanaan tugas kedepan selalu menuju kearah yang lebih baik," kata Kadir.

Lebih jauh dalam sambutan yang dibacakannya, Kadir menegaskan bahwa kesiapan Satuan di dalam melaksanakan tugas sangat bergantung kepada kemampuan unsur Pimpinan dan Staf yang ada di Satuan.

"Hal ini menandakan untuk dapat membangun kualitas prajurit yang profesional di dalam melaksanakan tugas, harus dimulai dari para Perwiranya yaitu unsur Pimpinan dan staf," terang Kadir mengakhiri. (Oke/rin)