Rabu, 11 September 2013

Kejuaraan Piala Bergilir Panglima TNI Dibuka



Jakarta,   Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Marsdya TNI Boy Syahril Qamar, SE, mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, se­cara resmi membuka Pertan­dingan Olahraga Umum Pangli­ma TNI tahun 2013, yang dii­kuti beberapa kontingen, ter­diri dari Kemhan, Mabes TNI, TNI AD, TNI AL, dan TNI AU, bertempat di Lapangan Sepak Bola Mabes TNI Cilangkap, Ja­karta Timur, Selasa (10/9).

Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan diantaranya, olahraga umum terdiri dari sepak bola, bola voli, tenis la­pangan, dan bulu tangkis. Per­tandingan akan berlangsung dari tanggal 10-18 September 2013, dimana Juara Umumakan mendapat Piala bergilir Panglima TNI, sedangkan untuk Juara 1 sampai dengan Juara 3 mendapat Piala Tetap.

Panglima TNI dalam ama­nat tertulisnya yang dibacakan oleh Kasum TNI mengatakan, pembinaan keolahragaan di ling­kungan TNI merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pem­binaan kesegaran jasmani pra­jurit sebagai substansi pokok dalam menunjang olahraga ke­prajuritan personel TNI, dan perlu di pahami bahwa olahra­ga khususnya olahraga presta­si adalah aktifitas untuk meng­hasilkan perubahan holistik, baik fisik dan mental maupun emosional melalui internalisa­si nilai-nilai yang terkandung di dalam olahraga, antara lain nilai-nilai sportifitas, kejuangan, ke­hormatan, disiplin, tanggung jawab, kerjasama dan percaya pada kekuatan sendiri.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, semakin banyak kejuaraan akan semakin baik, dan semakin besar peluang dan kesempatan untuk men­capai prestasi dan menempa mental juara. Pada kenyataan sering di jumpai seorang atlit yang tercatat memiliki skill, tak­tik dan teknik yang lebih baik dari lawannya, akan tetapi tidak jarang hasil pertandingan me­nyatakan sebaliknya sehingga atlit mengalami kekalahan, jus­tru karena lemahnya militansi dan semangat juang karena belum memiliki mental sebagai juara.(ay), Sumber Koran: Pelita (11 September 2013/Rabu, Hal. 17)