Senin, 30 September 2013

Panglima TNI, KSAD, dan KSAU Dianugerahi Hiu Kencana


JAKARTA (Suara Karya): TNI Angkatan Laut memberikan anugerah kehormatan brevet kehormatan 'Hiu Kencana' kepada Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Budiman, dan Kepala Staf TNI Angkaan Udara (KSAU) Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia.

Penyematan brevet itu disematkan langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Marsetio di dalam Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang menyelam di kedalaman 25 meter dibawah permukaan Laut Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat (27/9).

Sepanjang sejarah korps kapal selam TNI AL, penganu-grahan brevet kepada tiga petinggi TNI merupakan ke 125. Penyematan brevet di kapal selam dikawal KRI Yos Sudarso 353, KRI Sutanto 377, KRI Barakuda 633 dan KAL Yudhistira, Heli U 415 dan dua Sie Raider Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL dari atas permukaan laut.

Sebelum penyematan brevet didahului safety briefing tentang beberapa peraturan di wilayah Pulau Pabelokan Kepulauan Seribu karena banyak daerah terlarang yang membahayakan.

KSAL mengatakan brevet Hiu Kencana merupakan simbol pengakuan profesionalisme prajurit kapal selam dalam taktik dan teknik peperangan di bawah permukaan. Ini sekaligus akan menjadikan kebanggaan, jiwa korsa bagi pemakainya.

Di sisi lain, lanjut Marsetio, tanda pengakuan kualifikasi khusus dapat menjadi pendorong semangat pengabdian serta peningkatan disiplin dan motivasi, untuk membawa satuan kapal selam menjadi satuan kebanggaan TNI AL yang selalu siap sedia mengemban tugas negara.

"Hakekat Brevet Kehormatan Hiu Kencana merupakan salah satu bentuk penghormatan sekaligus penghargaan seluruh warga kapal selam dan jajaran TNI AL kepada tokoh-tokoh yang dipandang telah memiliki jasa, perhatian, perjuangan maupun pengorbanan bagi kejayaan TNI AL, utamanya berpartisipasi demi kemajuan pengembangan kapal selam secara langsung maupun tidak langsung," jelas Marsetio.

Marsetio secara pribadi juga memberikan apresiasi tertinggi atas pengangkatan Moeldoko, Budiman dan Dunia sebagai warga kehormatan Hiu Kencana.

Di akhir acara dilaksanakan saling tukar cindera mata dari KSAL kepada Kepala Satuan Kerja Khusus Minyak Bumi dan Gas (SKK Migas), Yohanes Widjonarko dan Presiden Direktur PT CNOOC SES Perkasa Barial Sinaga.Hal sebaliknya dilakukan SKK Migas kepada Panglima TNI, KSAL, KSAD dan KSAU. (Feber S)