Rabu, 25 September 2013

Protes "Sweeping", 1 Tewas



[JAYAPURA]Aparat keamanan gabungan Polri dan TNI Senin pagi sekitar pukul 8.30 WIT melakukan swe­eping benda tajam, miras, dan judi dipimpin Kapolres Paniai.Namun, sweeping ini berakhir dengan kerisuhan.

Kabid Humas Polda Pa­pua, AKBP, Sulistio Pudjo sa­at dikonfirmasi SP, Senin ma­lam, mengatakan pagi harinya, digelar apel gabungan Polri, Brimob, dan anggota Koramil Wagete di Polsek Tigi, yangdipimpin langsung oleh Ka­polres Paniai. Apel dilanjutkan dengan patroli gabungan da­lam rangka sweeping benda tajam, miras, dan judi.

Namun, sekitar pukul 11.00 WIT, sekelompok massa mulai berkumpul di la­pangan Wagete dan melaku­kan orasi karena tidak setuju dilakukan sweeping senjata tajam. Alasan yang disampai­kan, tidak ada sosialisasi sebelumnya dan membawa alat tajam sudah merupakan adat.

Situasi semakin memanas saat anggota Brimob melepas tembakan dibalas dengan pa­nah dan batu oleh massa.

Kaca depan mobil patroli Brimob pecah terkena lem­paran batu. Seorang aggota satpol PP terkena panah dibagian puggung sebelah kanan, sementara Sertu Darsono ang­gota Koramil terkena pukulan massa, dan seorang warga yang belum diketahui nama­nya dilaporkan terkena temba­kan dan meninggal. [154), Sumber Koran: Suara Pembaruan (24 September 2013/Selasa, Hal. 15)