Jumat, 27 September 2013

Inilah Penerima Beasiswa Pertamina Soccer School 2013



APAKAH disiplin sangat penting dalam sepak bola? "Sangat penting untuk perkembangan para pemain di lapangan," ujar Mauro Ardizzone, dari AC Milan Academy yang diminta untuk menggembleng 48 orang peserta Pertamina Soccer Camp.

Para peserta mengikuti pemusatan latihan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Infanteri, Cipatat, Bandung, Jawa Barat pada 9-15 September. Selama pemusa­tan latihan, kata Ardizone, peserta mendapatkan lati­han yang sama seperti di AC Milan Academy.

Pemusatan tersebut ak­hirnya meloloskan 16 pe­main berbakat yang berhak mendapatkan beasiswa Per­tamina Soccer School (PSS) selama tiga tahun. Penutupan camp sekaligus pengu­muman pemenang dilaksanakan dengan acara api ung­gun, pada 15 September lalu.

Hadir dalam acara terse­but Direktur Eksekutif Per­tamina Foundation Nina Nurlina Pramono, Manager CSR Ifki Sukarya, VP Corporate Comunication Ali Mundakir dan Direktur PSS Hadi Rahmaddani.

Selain berlatih sepak bola, pada seleksi di pemusatan latihan tersebut para peserta juga mendapatkan latihan kedisiplinan dan mental yang diberikan oleh pelatih Infanteri TNI Angkatan Darat. Karena ditujukan untuk pembentukan atlet yang berusia muda, pende­katannya berbeda dengan latihan militer. "Fokus kami hanya pada mental dan me­numbuhkan sikap disiplin yang lebih baik" kata Kapten Sulam, perwira operasional Pusdik Infanteri TNI Angka­tan Darat.

Adapun Nina mengatakan, "Sengaja kami memilih tempat pendidikan militer untuk seleksi akhir, karena kami menginginkan setiap pemain berjiwa disiplin yang lebih tinggi, dan me­miliki pengalaman yang berbeda."

Ada beberapa criteria penilaian bagi calon penerima beasiswa dalam seleksi ini. Kriteria tersebut adalah lain keterampilan dan teknik dasar bermain sepakbola, sikap perilaku peserta baik di dalam maupun diluar latihan, kedisiplinan, dan performa dalam pertandin­gan persahabatan.

Tunas muda yang berha­sil mendapatkan beasiswa tersebut adalah Ramadhan Dwi C (DKI Jakarta), Putra Deta (DKI Jakarta), Rossi Nuril (DKI Jakarta), M. RidhoAnugerah (Palembang), Habiburrahman (Palembang), Fallen Mariar (Sorong), M. Ramdhan (Makassar), Ari EkaSaputra (Makassar), M. YusrilIhza (Makassar), AnggunRisrhayud (Malang),Muh. Irfan (Malang), Dona Saputra (Malang), Moch. Zuhri (Balikpapan), UdhaZumarSidiq (Balikpapan), ReskyRamadhan (Balik­papan), M. Rizal (Balik­papan). Sumber Koran: JurnalNasional(27 September 2013/Jumat, Hal. 05)