Jumat, 20 September 2013

TNI On Call

By Asep Haryono 20 hours 9 minutes ago

DANDIM 1204 Sanggau, Letkol Inf Zulkifli menyampaikan bahwa pihak TNI AD yang akan ikut dalam pengamanan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilu Kada) Sanggau 2013 tidak ditempatkan di Mapolres Sanggau. Tetapi pihaknya siap on call jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk membantu Polri dalam melaksanakan tugasnya di lapangan.

Ia menyampaikan bahwa sedikitnya ada satu satuan setingkat kompi (SSK) yang dipersiapkan oleh TNI AD untuk melakukan back up tersebut. Untuk di wilayah kecamatan, pihaknya akan memaksimalkan Koramil masing-masing untuk back up pengamanan tersebut. Total seluruhnya ada sekitar 200an personil akan bersiaga penuh nantinya.

Untuk pengamanan sendiri melihat perkembangan dinamika di lapangan. Untuk situasi yang normal, pihak kepolisian akan akan menjadi garda terdepan, kecuali ada situasi darurat yang memang membutuhkan tenaga personil TNI AD. Artinya dalam kondisi apapun TNI AD siap membantu Polri dalam mensukseskan pengamanan Pemilu Kada Sanggau.

“Pada dasarnya kami siap membantu Polri dalam pengamanan. Personil dengan jumlah 200an tersebut akan disiagakan untuk membantu itu tadi, tetapi tentu saja saat diminta oleh kepolisian karena tugas kami untuk membak up mereka,” ujarnya saat ditemui di Kantor DPRD Sanggau, Selasa (17/9) kemarin.
Terkait titik rawan yang telah ditetapkan oleh kepolisian, Zulkifli menyampaikan bahwa titik tersebut tetap jadi pantauan tetapi tetap melalui koordinasi dengan kepolisian. Pihaknya sejauh ini tidak ada menetapkan titik-titik rawan Pemilu Kada seperti yang dilakukan kepolisian, namun pihaknya melakukan pemantauan secara menyeluruh.

“Kami tidak tentukan titik-titik rawan dimana dan seperti apa, kami hanya pantau karena sudah ada kepolisian yang punya tugas utama untuk itu. Sepanjang diperlukan kami akan terus memantau dalam situasi apapun dan dimana pun. Personilnya juga telah dipersiapkan dua hari menjelang pelaksanaan pencoblosan,” ungkapnya.

Zulkifli berharap dalam pelaksanaan Pemilu Kada di Sanggau nantinya dapat berjalan dengan aman dan lancar sehingga masyarakat dapat memilih dengan baik sesuai dengan hatinya, bukan karena intimidasi dan lain sebagainya. Ia juga berharap masyarakat Kabupaten Sanggau dapat memilih pada hari pencoblosan untuk pembangunan lima tahun kedepan Kabupaten Sanggau. (sgg)