Jumat, 20 September 2013

Kodim 0902 Bantu Bangun Ponpes

Rabu, 18 September 2013

TANJUNG REDEB.  Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0902/Tanjung Redeb, tak pernah berhenti mencurahkan tenaga dan pikiran membantu masyarakat di  Kabupaten Berau. Setelah beberapa waktu lalu membangun jalan dalam rangkaian tentara manunggal membangun desa (TMMD),  kini jajaran Kodim 0902/Tanjung Redeb membantu pembangunan pondok pesantren (Ponpes) Al Kholil, yang berlokasi di Kecamatan Sambaliung. Kegiatan pembangunan yang dikemas dalam bulan bakti menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 TNI tersebut, dibuka Dandim 0902/Tanjung Redeb Letkol Inf Hendri Sembiring, Selasa (17/9) kemarin. Hadir dalam pembukaan Bupati Berau Makmur HAPK, Wakil Bupati Ahmad Rifai dan sejumlah pejabat serta jajaran Kodim dan Batalyon Armed Tarik Buritkang 18/105.

Hendri Sembiring dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan pembangunan tahap pertama ponpes  Al Kholil tersebut merupakan satu dari beberapa kegiatan yang digelar dalam rangka HUT TNI. Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan menggelar bakti sosial di Kecamatan Segah. Sebelum menentukan lokasi bakti sosial, timnya lebih dulu melakukan verifikasi lapangan, agar apa yang dilakukan benar-benar tepat sasaran.

"Ini merupakan rangkaian memperingati HUT TNI dan bentuk komitmen TNI membantu masyarakat," tegasnya.

Meskipun belum ada tema yang ditetapkan dari markas besar, namun ditegaskan Hendri Kodim 0902/Tanjung Redeb telah melakukan koordinasi. Dan bulan bakti ini sendiri mengambil tema Tingkatkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dan Menjaga serta Memelihara 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara. Terutama dari pilar pertama, yaitu Pancasila di sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Sehingga program membantu pembangunan pondok pesantren ini diakuinya, merupakan  bagian menjalankan 4 pilar tersebut. Dimulainya pembangunan ponpes dikatakan Hendri, juga berkat dukungan dari salah satu perusahaan kehutanan di Berau.
"Kalau kami ini modal nekat saja membantu. Yang jelas kami sangat berterima kasih pada pihak-pihak yang membantu dalam kegiatan ini," tandasnya.

Sementara itu Makmur HAPK memberikan apresiasi pada jajaran Kodim 0902/Tanjung Redeb, maupun perusahaan swasta yang membantu pembangunan Ponpes Al Kholil. Keberadaan ponpes dikatakannya sangat penting dalam mencetak masyarakat yang beretika, bermoral dan agamis. "Kami mengapresiasi TNI dan perusahaan yang telah turut serta membantu pembangunan ponpes. Dan saya berharap apa yang dilakukan ini dapat menjadi contoh bagi yang lain dalam mendukung pembangunan daerah," ucap Makmur.  (rm-5/upi)