Jumat, 20 September 2013

Menpora dan TNI AD Gelar Rakornis TMMD

Rabu, 18 September 2013 | 11:17      

Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal (TNI) Budiman bersama dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo secara resmi membuka Rapat koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-91 TA 2013, Rabu (18/9).

Rakornis sendiri digelar untuk mendukung kelancaran pelaksanaan TMMD Ke-91 yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

KSAD menjelaskan, TMMD merupakan program lintas sektoral yang selalu melibatkan TNI, Kementerian atau Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah, serta segenap lapisan masyarakat di wilayah masing-masing.

"Pelaksanaan Rakornis kali ini, TNI AD bekerja sama dengan Kemenpora RI. Sebagaimana kita ketahui, baru-baru ini Kemenpora RI, juga telah melaksanakan kerja sama dengan TNI AD melalui pelatihan di Rindam Jaya dalam rangka program Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan Pedesaan," kata Budiman.

Pada program TMMD ke-91, para Sarjana Penggerak Pembangunan Pedesaan tersebut akan dilibatkan dalam kegiatan penyuluhan kepada masyarakat yang menjadi sasaran TMMD.

Dalam rangka menyamakan visi, misi dan persepsi serta arah kebijakan dalam
mewujudkan kesiapan penyelenggaraan program kegiatan TMMD Ke-91, dibuka pada 9 Oktober 2013 dan ditutup tanggal 29 Oktober 2013 mendatang.

Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan Pedesaan (PSP3) merupakan salah satu program unggulan dari Kemenpora, yang akan mengirimkan 1.000 sarjana masuk desa setiap tahunnya.

Melalui sinergitas peran Kemenpora dengan TNI Angkatan Darat, pada TMMD diharapkan agar para sarjana dapat berperan sebagai motivator sekaligus
pelopor pembangunan yang ada di desa-desa.

"Hal ini sekaligus untuk mewujudkan visi pembangunan 2005 sampai 2025 yang dicanangkan oleh Pemerintah, yaitu Indonesia yang mandiri, maju, adil, dan makmur," ucap KSAD.

Rakornis kali ini mengangkat tema "Melalui TNI Manunggal Membangun Desa", TNI bersama-sama Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah dan Seluruh Komponen Bangsa lainnya, akan dapat meningkatkan integritas guna mendukung percepatan pembangunan dalam rangka mewujudkan kedamaian dan kesejahteraan masyarakat di pedesaan.

KSAD yakin program TMMD yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat, dapat terus dilaksanakan dan lebih berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, kerjasama, sinergitas dan koordinasi yang baik sangat diperlukan guna memperlancar kegiatan program TMMD di masa mendatang.

Menpora Roy suryo, menegaskan, program TMMD yang dilaksanakan harus tepat sasaran. Khusus untuk tahun ini, Kemenpora akan memaksimalkan Program sarjana penggerak pembangunan pedesaan.

"Program TMMD harus tepat sasaran. Oleh karena itu, peserta kami didik dengan menggunakan prinsip disiplin dan mental yang kuat," kata Roy.

Pada TMMD 2013, sasaran fisik yang akan dilakukan meliputi pembangunan jalan sepanjang 158.749 meter, irigasi sepanjang 21.433 meter, 49 unit jembatan, 89 gorong-gorong, pembangunan fasilitas umum, dan lain-lain.

Untuk sasaran non fisik, pada TMMD ke-91 akan menggelar kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan, bina pemuda, dan lain-lain. (Penulis: Y-7/FER & Sumber:Suara Pembaruan)