Rabu, 11 September 2013

Alfamart Jalin Kemitraan dengan Koperasi Kopassus



PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, sebagai pengelola jaringan ritel Alfamart memperluas jaringan bisnis waralabanya dengan membuka toko franchise bermitra dengan Koperasi Kopassus Grup 1 Serang. Toko Alfamart yang diperkenalkan dengan nama Primer Koperasi Tribuana 1 diresmikan secara langsung oleh Solihin, Corporate Affairs Director Alfamart dan Komandan Group I Kopassus, Kolonel Inf. M. Saleh Mustafa (4/9).

"Ini adalah toko franchise kedua yang dibuka bermitra dengan Koperasi Kopassus. Sebelumnya telah dibuka toko pertama yang terletak di mar­kas besar Kopassus, Cijantung.Pembukaan toko kedua menandai bahwa kerja sama yang terjalin berjalan dengan baik," papar Solihin.

Menurut Ketua Primer Kope­rasi Tribuana 1, Kapten Usman, bisnis franchise merupakan usaha potensial yang dipilih untuk mengembangkan kope­rasi. "Sebelum toko dibuka, tim franchisetelah melakukan survei terlebih dahulu, dan mem­berikan prediksi keuntungan sehingga kami mendapat gam­baran dan yakin untuk membuka toko waralaba. Kami berharap usaha  ini dapat berkembangmenghasilkan keuntungan yang maksimal bagi anggota kope­rasi," jelas Usman.

Kerja sama waralaba dengan koperasi merupakan salah satu konsep yang dikembangkan oleh Alfamart. Pada umumnya koperasi memiliki kesamaan dalam usaha yang dikembang­kan, yaitu produk kebutuhan sehari-hari, namun pengelolaanya masih menggunakan cara yang konvensional. "Salah satu kendala yang dihadapi koperasi dalam mengembang­kan usaha adalah keterbatasan pengetahuan dalam mengelola barang, pengeloaan SDM, dan sistem pemasaran. Bermitra dengan pengelola ritel profe­sional merupakan salah satu cara untuk mengatasi kondisi tersebut," tambah Solihin.

Untuk membantu perkem­bangan industri waralaba, Alfamart telah bekerja sama dengan berbagai pihak. Diantaranya kerja sama den­gan perbankan nasional dalam memberikan fasilitas kredit bagi peminat bisnis waralaba baik dalam mengembangkan jum­lah toko yang telah dimiliki, ataupun bagi peminat pemula yang baru akan memulai bisnis waralaba. Hal ini guna mem­permudah masyarakat un­tuk memiliki bisnis waralaba Alfamart.Sumber Koran: Republika (11 September 2013/Rabu, Hal. 15)