Selasa, 04 Juni 2013

Masalah Papua Prioritas Pendekatan Kesejahteraan


Sabtu, 1 Juni 2013
JAKARTA -Gangguan keamanan yang masih terjadi di Papua, belakangan ini tak menyulut pemerintah untuk melakukan operasi keamanan oleh Polri maupun TNI. Sebaliknya, pendekatan kesejahteraan masih tetap dikedepankan.

"Kita melakukan pendekatan kesejahteraan untuk penanganan masalah Papua," kata Deputi VII bidang Komunikasi dan Informasi Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Marsda TNI Agus Barnas dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat (31/5).

Kodam Cendrawasih maupun Polda Papua mendapat tudingan melakukan operasi gelap menumpas separatis Papua. Sebanyak 30 warga Papua diduga hilang di Puncak Jaya, seperti dibeberkan Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

"Kementerian Polhukam tidak pernah mengintruksikan operasi gelap di Papua. Kita tetap melakukan pendekatan kesejahteraan untuk penanganan masalahnya," kata dia. Mengenai keberadaan kelompok separatis itu sendiri, menurut Agus, diperlakukan sama dengan masyarakat pada umumnya, sepanjang tidak melakukan tindakan kriminal.

"Mereka berbaur dengan masyarakat. Tidak ada penumpasan separatis. Kalau melakukan tindakan kriminal seperti penganiayaan, pembunuhan dan lainnya tentu kita melakukan penegakan hukum," tandasnya. (Feber S)