Senin, 17 Juni 2013

Hasil Tes Psikologi Cebongan Diserahkan ke TNI


16 Juni 2013 | 20:35 wib

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Hasil tes psikologi terhadap 42 saksi kasus LP Cebongan akan diumumkan pada Senin (17/6) besok di Yogyakarta. Menurut rencana,

laporan akan diserahkan oleh ketua tim psikolog, Yusti Probowati kepada perwakilan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Penanggungjawab Divisi Pemenuhan Hak Saksi dan Korban LPSK Irjen (Purn) Teguh Soedarsono mengatakan, saat ini hasil sentuhan dan analisis psikologis masih dikaji oleh tim. "Besok pagi rencananya diserahkan kepada kami dan Kepala Kanwil Kemenkumham DIY," katanya ketika dihubungi, Minggu (16/6).

Selanjutnya, hasil laporan tersebut akan disampaikan kepada sejumlah pihak terkait yakni Ketua Mahmakah Agung (MA), Komisi Yudisial (KY), Pengadilan Militer Utama (Dilmilut), Pengadilan Militer Tinggi (Dilmilti), dan Oditurat serta Pengadilan Militer Yogyakarta.

Disamping itu, hasil analisis juga akan diserahkan kepada Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad). Laporan itu diharapkan bisa menjadi bahan dalam menentukan keputusan penyelenggaraan peradilan. "Kami berharap prosesnya bisa berlangsung secara terbuka, dan terpercaya," tandas Teguh.

Sebagaimana diberitakan, sejak satu bulan lalu, LPSK mengajukan usulan ke MA dan Dilmilut agar sidang kasus Cebongan digelar secara telekonferensi. Pertimbangannya karena faktor kondisi psikologis para saksi yang masih trauma.

Namun hingga kini, permohonan itu belum mendapatkan jawaban. Rencananya, LPSK akan kembali mengajukan usulan tersebut pada pertengahan pekan ini dengan dilengkapi hasil tes psikologi. (Amelia Hapsari/CN34/SMNetwork)