Rabu, 02 Oktober 2013

Pangdam lll/SLW: "Naik Pangkat Anugerah Sekaligus Tuntutan"



Bandung,Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Dedi Kusnadi Thamim menegaskan bahwa kenaikan pan­gkat pada hakekatnya penghargaan yang diberikan oleh negara kepada prajurit atas prestasi kerja dan peng­abdian kepada Negara.

Oleh karena itu, sebagai timbal balik atas penghargaan Negara itu, para Perwira disamping harus men­yikapi dengan rasa syukur, juga ha­rus berupaya memberikan pengabdi­an, yang lebih baik dan tulus kepa­da negara dan bangsa melalui pro­fesi sebagai Prajurit TNI.

Demikian disampaikan Pangdam III/ Siliwangi ketika memimpin acara Lapo­ran Korps Kenaikan Pangkat Perwira Kodam III/Siliwangi periode 01 Oktober 2013, bertempat di Ruang Bina Juang Sudirman, Jalan Aceh Nomor 69 Ban­dung, Selasa (01/10).

Menurut Pangdam, seiring dengan diperoleh kenaikan pangkat tersebut membawa konsekuensi para Perwira di­tuntut untuk lebih meningkatkan ke­mampuan pribadi sesuai dengan pang­kat dan jabatannya, melalui budaya be­lajar dan berlatih berbagai ilmu pengeta­huan yang sesuai dengan perkembang­an jaman serta tuntutan tugas.

Namun demikian, Pangdammengingatkan para Perwira bahwa kenaikan pangkat sesungguhnya bukan merupakan hak sepenuh­nya dari seorang prajurit, karena kenaikan pangkat selalu terkait erat dengan sistem pembinaan personel, baik pada jabatan sebelumnya, mau­pun promosi jabatan yang dipercay­akan pada seseorang.

"Persyaratan kenaikan pangkat tidak cukup hanya didasarkan pada tuntutan formal administratif sema­ta, melainkan melalui prestasi ker­ja, dedikasi dan loyalitas pengabdi­an pada jabatannya," ujar Pangdam.

Para Perwira Kodam III/Siliwangi yang naik Pangkat Periode 01 Oktober2013 sebanyak 20 orang yaitu 5 orang Perwira naik pangkat menjadi Kolo­nel, 6 orang Perwira menjadi Letkol, 5 Perwira menjadi Mayor, dan 5 orang Bintara Tinggi yang akan memasu­ki masa persiapan pensiun menda­patkan kenaikan pangkat Letda Har.

Hadir pada kesempatan itu, Kas­dam III/Siliwangi, Kasgartap II/Band­ung, Irdam, Asrendam, Para Asisten Kasdam, Staf Ahli, Pa liaison TNI AL dan TNI AU, para Dan/Kabalak Ko­dam III/Siliwangi, Pakoord Kowad Ko­dam III/Siliwangi, Ketua Unit Korpri TNI Jabar serta Ketua dan Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD III/ Siliwangi. (Pendam III/Slw), Sumber Koran: Pelita (02 Oktober 2013/Rabu, Hal. 12)