Jumat, 04 Oktober 2013

Kodam III Siliwangi Menggelar Lomba Tari Jaipong



Kamis, 03/10/2013 - 16:01

BANDUNG, (PRLM).- Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim mengatakan dalam rangka HUT TNI, Kodam III Siliwangi menggelar lomba tari jaipong kreatif. Dipilihnya jaipong karena kegiatan ini merupakan salah satu sarana dalam melestarikan budaya daerah sekaligus aset budaya nasional.

Lomba Tari Jaipong Kreatif Tingkat Kodam III/Siliwangi Tahun ini diikuti oleh 10 Tim peserta merupakan perwakilan terbaik dari tiap-tiap Korem dan Kodim 0618/BS jajaran Kodam III/Siliwangi. Lebih lanjut diungkapkan Pangdam, dewasa ini ada kecenderungan seni jaipongan ditinggalkan oleh generasi muda, sehingga pelaku seni jaipong minim generasi dan tidak menutup kemungkinan apabila tidak ada terobosan dari pemerintah beserta praktisi seni suatu saat hanya tinggal catatan sejarah.

Terkait dengan itu, menurut Pangdam, Kodam III/Siliwangi akan terus memberikan pencitraan terhadap seni daerah agar tari jaipong bisa mendapat tempat dan sejajar dengan kesenian yang dianggap modern, karena apabila tidak ada yang peduli dan membiarkan jaipongan terkikis zaman tidak menutup kemungkinan nasibnya akan punah dan akan diklaim oleh negara lain seperti seni tradisional reog ponorogo yang diklaim oleh bangsa lain.Diungkapkan Pangdam, eksistensi seni budaya daerah sebagai sumber kebudayaan nasional yang mengandung nilai kejuangan perlu terus digali, dipelihara dan dibina untuk lebih berperan dalam aktivitas pembangunan yang sedang digalakkan oleh pemerintah daerah.

Dengan adanya event-event kejuaraan menurut Pangdam akan memiliki arti penting dalam menumbuhkembangkan tanggung jawab dalam rangka memberikan dan mengarahkan wawasan kebangsaan, sekaligus memperkuat penghayatan dan pengamalan pancasila yang diinterpretasikan dalam dimensi kehidupan.

Pangdam mengharapkan melalui ajang lomba seni tari jaipongan kreatif inidapat melahirkan para seniman/seniwati muda yang kreatif sekaligus mampu mempromosikan Jawa Barat dan Banten dalam berbagai event pertunjukan seni tari jaipongan, baik di tingkat regional dan nasional maupun di tingkat internasional. (A-113/A-147)