Jumat, 18 Oktober 2013

Jenderal TNI Budiman Terbangkan Helikopter Bell 412



Jakarta,Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Budiman didampingi Pilot merangkap se­bagai pelatih, Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Danpuspenerbad) Brigjen TNI Moch Afifuddin, menerbangkan pesawat Helikopter jenis Bell 412 dalam penerbangan dari Mega Kuningan Jakarta menu­ju Lapangan Apel Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Kamis (17/10).

Kasad menerbangkan pe­sawat Helikopter jenis Bell 412, dalam rangka memenuhi salah satu syarat untuk menjadi war­ga kehormatan Penerbangan Angkatan Darat "Wira Amur" dan mendapatkan Wing Pener­bang Kehormatan TNI Angka­tan Darat.

Sebelum terbang, Kasad menjalani pemeriksaan kese­hatan dengan melakukan pe­ngecekan tekanan darah.Hal ini dimaksudkan untuk me­ngetahui kondisi kesehat­an seorang penerbang dalam melaksanakan setiap tugas-tu­gas penerbangan.

Prosedur lain sebelum melak­sanakan tugas terbang adalah melaksanakan briefing pra ter­bang kepada crew atau awak pesawat mengenai tugas terbang yang akan dilaksanakan. Isi briefing secara garis besar meliputi keadaan cuaca sepan­jang rute, seting crew pesawat, jenis dan nomor registrasi serta performance Helikopter yang di­gunakan, manuver dan exerciseyang akan dilaksanakan.

Kasad dan Danpuspenerbad juga melaksanakan prosedur pre flight check, yaitu prosedur pengecekan kondisi Helikopter sebelum melaksanakan pener­bangan. Prosedur ini harus dilaksanakan oleh penerbang dan mekanik sebelum terbang, se­hingga dapat diketahui apakah Helikopter layak dan aman di­gunakan untuk terbang atau ti­dak.

Rute penerbangan dari Mega Kuningan hingga Lapangan Apel Mabesad dilalui dengan lancar.Pendaratan Kasad di Lapangan Apel Mabesad disambut barisan perwira dari Penerbangan Ang­katan Darat (Penerbad) dan para tamu undangan.(ay), Sumber Koran: Pelita (18 Oktober 2013/Jumat, Hal. 17)