Senin, 07 Oktober 2013

Delegasi Perwira TNI Hadiri APEC 2013 Sebagai Pengamat



Jakarta,   Sebagai tuan rumah APEC un­tuk kedua kalinya, Indonesia me­lihat APEC 2013 sebagai momen­tum bagi proses integrasi ekono­mi regional di Asia Pasifik. Un­tuk membangun kesadaran Per­wira TNI mengenai pentingnya as­pek ekonomi dalam ketahanan nasional dan internasional, pa­nitia penyelenggara APEC 2013 mengundang Mabes TNI untuk mengirimkan perwira-perwiran­ya agar hadir dalam APEC 2013.

"Ini untuk pertama kalinya delegasi TNI diundang had­ir dalam pertemuan ekonomi in­ternasional seperti ini.Untuk itu, 30 Perwira pilihan TNI dari keti­ga matra, kami kirimkan untuk menghormati undangan pani­tia APEC sekaligus berpartisipa­si dalam event langka ini," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul, dalam ket­erangan persnya, di Jakarta, Minggu(6/10).

Menurutnya, sepulang dari APEC, delegasi TNI ini mengemban misi untuk menyebarkan ke­sadaran pentingnya pertumbu­han ekonomi sebagai bagian ti­dak terpisahkan dari ketahanan nasional Indonesia.

Ke-30 perwira TNI ini berpang­kat antara Mayor hingga Kolonel, yang dipimpin oleh Kolonel Laut (S) Indaryanto. Salah satunya, Mayor Inf Agus Harimurti Yudhoyono, anggota delegasi dari AD.

Dukungan TNI ini merupak­an upaya untuk menterjemahkan tiga poin prioritas APEC 2013, yaitu untuk mencapai Bogor Goals, mencapai pertumbu­han berkelanjutan yang berkeadi­lan, dan mengembangkan konektivitas fisik dan kelembagaan.

Selain hadir sebagai pengamat dalam berbagai diskusi ekonomi, delegasi TNI ini juga bertugas mempelajari dan melihat lebih dekat mekanisme kerja Koman­do Satuan Tugas Gabungan Pen­gamanan APEC 2013, sebagai bahan masukan bagi pimpinan TNI untuk pengamanan acara-acara internasional lain di masa depan. (ay), Sumber Koran: Pelita (07 Oktober 2013/Senin, Hal. 16)