Kamis, 17 Oktober 2013

Babinsa Punya Peran Strategis



BANDUNG - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Budiman mengatakan, Bintara Pembina Desa punya peran sangat strategis dalam operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang.Untuk itu, Babinsa perlu dibekali ilmu pengetahuan seperti demografi dan geografi yang bisa dimanfaatkan dalam menjalankan tugas.

"Peran Babinsa dalam OMP sangat dibutuhkan karena menguasai teritorial.Apabila terja­di peperangan dan masuk tahap perang gerilya, Babinsa dapat menen­tukan berbagai kebutuhan perang. Babinsa bisa menentukan mana-mana saja lokasi strategis untuk penempatan peralatan, pangkalan per­lawanan, lokasi bermanuver, serta kebutuhan lainnya," kata Budiman, seusai memberikan arahan terhadap 650 personel Danramil serta Babin­sa Kodam Ill/Siliwangi, di Graha Tirta Siliwangi Jalan Lombok Kota Ban­dung, Rabu (16/10/2013).

Dia menambahkan, jika Babinsa bekerja pro­fesional, bisa mengurangi kemungkinan terjadinya tindak terorisme. "Karena babinsa mengetahui betul orang-orang desa serta apa yang di­lakukannya dalam keseharian, secara detil. Babinsa juga bisa membatasi keinginan orang untuk melakukan perbuatan melawan dengan senjata karena bisa mendeteksi terlebih dahulu," katanya.(A-113), Sumber Koran: Suara Karya (17 Oktober 2013/Kamis, Hal. 05)