Rabu, 02 Oktober 2013

105 Perwira Kodam Iskandar Muda naik pangkat



Selasa, 01 Oktober 2013 20:50:00 WIB


SEBANYAK 105 Perwira Kodam Iskandar Muda mendapatkan kepercayaan untuk dinaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi, Selasa, 1 Oktober 2013. Panglima Kodam IM Mayjen TNI Pandu Wibowo langsung memimpin upacara yang digelar di Balai Teuku Umar Markas Kodam IM, Banda Aceh tersebut.

Kenaikan pangkat satu tingkat tersebut di antaranya dari pangkat Letkol ke Kolonel 7 orang, dari pangkat Mayor ke Letkol 13 orang, dari pangkat Kapten ke Mayor 19 orang, dari pangkat Lettu ke Kapten 9 orang, dan dari pangkat Letda ke Lettu 57 orang.

“Sebagai Prajurit TNI para perwira harus konsisten dan konsekuen dalam menjalankan aturan yang berlaku di lingkungan TNI, khususnya TNI AD,” ujar Pangdam IM Mayjen TNI Pandu Wibowo.

Atas nama komando dan pribadi, dia mengucapkan selamat kepada perwira yang telah memperoleh kenaikan pangkat. Menurutnya hakekat kepangkatan dalam kehidupan militer merupakan perubahan status dalam bentuk simbol pangkat baru. Hal tersebut mencerminkan adanya tuntutan perubahan berupa peningkatan tanggung jawab dan kualitas sumber daya manusia di setiap individu perwira, sesuai tugas dan jabatannya masing-masing.

"Kenaikan pangkat juga merupakan wujud pengakuan dan penghargaan negara atas prestasi dan dedikasi yang telah ditunjukkan selama ini oleh setiap individu prajurit dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai jabatan masing-masing. Jadi kenaikan pangkat ini bukanlah hal yang otomatis, melainkan hasil dari kinerja perwira itu sendiri," katanya.

Dia berharap bagi prajurit yang mendapatkan kenaikan pangkat, memiliki kewajiban moral untuk mempertanggungjawabkannya kepada pimpinan dan institusi TNI maupun kepada bangsa dan negara.

"Dengan demikian, kenaikan pangkat ini juga harus dimaknai sebagai bertambahnya amanah yang harus kita pertanggung jawabkan kepada Sang Pencipta di kemudian hari," ujarnya.

Ikut hadir dalam acara, Kasdam IM Brigjen TNI Purwadi Mukson, S.IP, Irdam, para Danrem, para Perwira Ahli, Danrindam, para Asisten, Lo AL, Lo AU, para Kabalak, dan para Dansat Jajaran Kodam IM.

Selain itu hadir juga Ketua dan Wakil Ketua Persit KCK PD Iskandar Muda serta perwakilan Bintara, Tamtama dan PNS Kodam IM. (bna)