Rabu, 11 September 2013

Peserta KB di Kebumen Capai 56,24 Persen



10 September 2013 | 16:45 wib


KEBUMEN, suaramerdeka.com - Realisasi pencapaian peserta Keluarga Berencana (KB) baru di Kebumen masih cukup rendah. Merujuk data Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kebumen, hingga Juli jumlah peserta KB baru mencapai 15.758 peserta atau 56,24% dari target tahun 2013 yakni 28.017 akseptor.

Demikian terungkap dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Percepatan Pencapaian Target KB Kes TNI Kabupaten Kebumen Tahun Anggaran 2013 di Aula Makodim 0709 Kebumen, Selasa (10/9). Rakor dipimpin Komandan Kodim 0709 Dany Rakca Andalasawan SAP dihadiri Kepala BPPKB Kebumen Dra Retno Yuliati MSi, dan perwakilan Dinas Kesehatan. Hadir pula kepala UPT BPPKB Kecamatan dan Danramil di jajaran Kodim 0709.

Dandim 0709 Kebumen, Dany Rakca Andalasawan SAP mengatakan, guna membantu percepatan pencapaian target KB di Kebumen dilaksanakan pelayanan KB gratis dalam rangka KB Kes TNI Manunggal dengan Pemkab Kebumen yang akan dilaksanakan selama September sampai dengan Oktober. Kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka memeringati HUT Kodam IV Diponegoro.

"Sedangkan untuk safari KB Kes di Gombong dan sekitarnya akan dipusatkan di Rumah Sakit DKT Gombong, Sabtu (14/9) mendatang," ujar Dany Rakca Andalasawan kepada suaramerdeka.com di sela-sela Rakor.

Dia menambahkan, HUT Kodam IV Diponegoro diperingati dengan kegiatan yang mengedepankan kepedulian terhadap kemanusiaan. Jika sebelumnya telah digelar sunatan massal, pihaknya akan menggelar safari KB Kes untuk membantu pemerintah dalam percepatan pencapaian target partisipasi masyarakat dalam pemakaian kontrasepsi KB.

"Melalui kegiatan yang berlangsung selama dua bulan ini, harapannya target pencapaian peserta KB baru dapat tercapai," ujarnya.

Sementara itu, data BPPKB Kebumen diketahui dari sekian banyak alat kontrasepsi, peserta KB paling banyak memakai alat kontrasepsi suntik sebanyak 7.204 akseptor, kemudian implan 5.452 akseptor, intrauterine devices (IUD) atau KB Spiral 1.522 akseptor. Kemudian pil sebanyak 1.057 akseptor, kondom 269 akseptor, metode operasi wanita (MOW) atau tubektomi 248 akseptor dan MOP atau Vasektomi 6 peserta. (Supriyanto/CN31/SMNetwork)