Jumat, 13 September 2013

Pangdam: Tugas Operasi Wujud Pengabdian Prajurit

Jakarta,   Pangdam III / Siliwangi Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim menerima kedatangan Satgas Pamtas Yonif 310/Kidang Kancana di Kolinlamil Tanjung Pri¬ok Jakarta, Kamis (12/9).

Satgas Yonif 310/KK yang berkuatan 650 orang tiba di Kolinlamil menggunakan KRI Tanjung Kambani 971 telah se¬lesai melaksanakan tugas ope¬rasi pengamanan perbatasan RI-PNG di Papua selama tujuh bulan sejak 30 Januari 2013.

Turut menyambut kedatan¬gan Satgas Yonif 310/KK di Tanjung Priok Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Karma Suta, para Asisiten, Pa LO TNI AL dan TNI AU, serta para Kabalak jajaran Kodam III/Sili¬wangi.

Pangdam III/Siliwangi mengatakan tugas operasi pengamanan perbatasan yang telah dilaksanakan selama tujuh bulan dapat ditunaikan dengan baik, berhasil dan se¬lamat. Keberhasilan praju¬rit Yonif 310/Kidang Kancana dalam menjalankan tugas, ten¬tunya selain merupakan karu¬nia Allah SWT, juga berkat ker¬ja keras serta dukungan semua pihak terkait lainnya.

Sebagai prajurit, lanjut Pang¬dam dituntut selalu siap melak¬sanakan tugas bangsa dan neg¬ara, kapan dan di manapun serta dalam situasi dan kondi¬si apapun, sebagaimana yang telah djalani Satgas Yonif 310/ KK. "Inilah wujud nyata dari nilai pengabdian prajurit, dan kita tidak boleh memilih apalagi menghindari setiap tugas yang dipikulkan di pundak kita," ujar Pangdam. Pangdam mengharapkan agar tugas yang telah dijalani baik kelebihan atau kekurangan, ke¬berhasilan atau kegagalan hen¬daknya dijadikan sebagai cer¬min pengalaman yang ber¬harga, sekaligus bahan un¬tuk mengintrospeksi diri. Hal itu menurut Pangdam, penting untuk dilakukan agar menja¬dikan hari-hari esok lebih baik dari hari ini.

Kerelaan untuk terus me¬nempa diri menjadi prajurit se¬jati yang profesional dan ama¬nah menurut Pangdam, meru¬pakan hakikat pengabdian yang paling utama dalam kehidupan keprajuritan, karena hanya de¬ngan profesionalisme yang di¬topang oleh dedikasi, loyalitas, dan disiplin yang kuat, maka kehormatan sebagai prajurit yang sukses dan memiliki integ¬ritas tinggi, akan selalu kalian raih dalam setiap penugasan yang dipercayakan pimpinan.

Pangdam menekankan ke¬pada Danyonif 310/Kidang Kancana, untuk segera melaku¬kan pengecekan, pemeliharaan, dan perbaikan peralatan mau¬pun persenjataan, serta perlengkapan material lainnya, yang telah digunakan selama tugas operasi, sehingga pera¬latan dan persenjataan terse¬but, dalam waktu singkat su¬dah dalam keadaan siap un¬tuk digunakan kembali.

"Setelah kegiatan administra¬si selesai, jika kalian diberikan kesempatan cuti, laksanakan cuti ini dengan sebaik-bai¬knya, sehingga manakala nan¬ti sudah beraktifitas kemba¬li setelah menjalani masa cuti, kalian akan benar-benar dalam kondisi yang siap, baik mental maupun fisik," tekan Pangdam. (Pendam III/SIw), Sumber Koran: Pelita (13 September 2013/Jumat, Hal. 02)