Rabu, 18 September 2013

Pangdam: Loyalitas dalam Militer Adalah Mutlat

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim menekankan loyalitas dalam militer adalah mutlak, karenanya para perwira harus memiliki loyalitas yang tinggi, tidak saja kepada atasan, tetapi juga kepada rekan dan bawahan sehingga tugas yang menjadi tanggungjawabnya bisa terlaksanana dengan baik.

Penekanan tersebut disampaikan Pangdam III/Siliwangi saat memberika pengarahan kepada 750 para perwira jajaran Kodam III/Siliwangi di Graha Tirta Siliwangi Jalan Lombok Bandung, Senin (16/9).

Turut hadir dalam pengarahan tersebut Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Suyatno, Irdam, Danrem 062/Tn, Para Asisten, Staf ahli Pangdam, LO TNI AU, TNI AL, Para Dansat dan Kabalak Jajaran Kodam III/Siliwangi.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan tugas akan dapat telaksana dengan baik apabila setiap prajurit memiliki kemauan yang tinggi untuk bekerja disertai dengan kemampuan yang profesional terhadap setiap tugas yang diembannya.

Pangdam mengharapkan kepada para perwira, sebagai unsur pimpinan di satuan bisa menjadi mediator untuk membangun kualitas kemampuan para bawahannya dalam menjalankan tugas pokoknya. Para perwira harus menjadi contoh dan teladan bagi bawahannya dalam bekerja maupun kehidupan sehari-hari.

"Kemampuan para perwira dalam membina anak buah atau bawahannya memungkinkan tugas pokok satuan dapat terlaksana dengan baik," ujar Pangdam.

Untuk membentuk prajurit yang profesional, menurut Pangdam maka harus dimulai dari diri para perwira sebagai unsur pimpinan di satuan dengan menunjukan kualitas profesionalitas dalam bekerja.

Selain itu lanjut Pangdam komunikasi dua arah antara atasan dan bawahan juga perlu terus dijaga guna menciptakan harmonisasi dan kebersamaan serta menghilangkan jarak pemisah yang terlalu jauh. Komunikasi juga perlu ditingkatkan agar permasalahan yang di¬hadapi dapat diselesaikan dengan baik.

Pangdam mengingatkan agar prajurit Kodam terus memelihara netralitasnya dalam kegiatan pemilu maupun pilkada, terlebih lagi dalam perhelatan akbar menyambut tahun Politik 2014 nanti. "Netralitas sudah menjadi harga mati," tekan Pangdam. (Pendam III/SIw), Sumber Koran: Pelita (18 September 2013/Rabu, Hal. 12)