Jumat, 20 September 2013

Mengapa orasi kebangsaan Husaini Hasan ditunda?

Rabu, 18 September 2013 15:00:00 WIB
  
PANITIA Pelaksana orasi kebangsaan mantan Menteri Pendidikan Gerakan Aceh Merdeka, Dr. Husaini Hasan, mengaku penundaan acara dikarenakan faktor keamanan.

“Jadi kita minta pengamanan. Abu (Doto Husaini Hasan-red) kita minta dikawal dari Bandara SIM hingga ke lokasi acara, ternyata tidak bisa dipenuhi,” kata  Koordinator Pelaksana, Alfiyan Muhiddin, kepada ATJEHPOSTcom.

Menurutnya, TNI atau keamanan saat ini sedang fokus pada kedatangan Presiden SBY ke Aceh. Atas dasar tersebut, permintaan pengamanan dari mereka tidak dipenuhi.

“Kita mengetahui tadi malam (Selasa malam-red) pukul 12.00 WIB. Nanti kita konfirmasi lagi dengan Abu mengenai acaranya. Konfirmasi langsung dengan Abu,” kata dia lagi.

Sebelumnya diberitakan, orasi kebangsaan mantan Menteri Pendidikan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Dr. Husaini Hasan, di Rumoh PMI, Banda Aceh, Rabu siang 18 September 2013, pukul 13.30 WIB, ditunda tanpa adanya kejelasan.

Pantauan ATJEHPOSTcom, hingga waktu yang ditentukan, ternyata tidak ada acara yang dimaksud di Rumoh PMI. Sejumlah panitia acara juga tidak berada di lokasi.

Padahal, beberapa peserta yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat mulai berdatangan satu persatu. Sejumlah masyarakat merasa tertipu hingga akhirnya meninggalkan lokasi dengan marah-marah.

Sementara itu, di depan gedung terlihat selembar spanduk yang berisi penundaan acara ini. Penundaan acara berlangsung hingga waktu yang tidak ditentukan. (mrd)