Senin, 09 September 2013

KASAD kagumi semangat korban gempa Gayo



KURNIA MUHADI
Sabtu, 07 September 2013 15:20:00 WIB
 
KEPALA Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Budiman kagum kepada warga korban gempa Gayo yang memiliki semangat kuat untuk bangkit dari keterpurukan pasca bencana. Hal itu dikatakannya saat berkunjung ke kawasan terparah dampak gempa Gayo di Desa Belang Mancung Kecamatan Ketol Aceh Tengah, Sabtu 7 September 2013.

"Sejak dalam perjalanan dari halikopter, saya melihat warga di sini sudah mulai bangkit. Ada yang sudah mulai membangun kembali rumah-rumah yang rusak tanpa harus menunggu bantuan dari pemerintah," kata Budiman di hadapan warga.

Dalam sambutannya, Budiman juga menyampaikan rasa prihatin atas musibah gempa bumi yang melanda daerah itu pada 2 Juli 2013 lalu. Kepada korban gempa, dia meminta untuk tetap menjaga sikap yang menanamkan semangat kuat untuk bangkit dan tidak hanya berpangku tangan mengharapkan bantuan.
"Nanti kalau bantuan dari pemerintah sudah sampai, alhamdulillah kita semua menerimanya. Tapi saya lihat masyarakat di sini tidak mau hanya menunggu. Masyarakat cepat bangkit dengan apa yang bisa dilakukan. Ini sikap yang bagus dan saya menghormati itu. Hal inilah yang membuat saya bersama Pangdam Iskandar Muda memutuskan untuk berkunjung ke daerah ini," ujar Budiman, disambut tepuk tangan warga setempat.

Lanjutnya, TNI Angkatan Darat memiliki kewajiban tugas untuk membantu masyarakat yang terkena musibah bencana alam di mana pun berada. Kepada warga di sana, dia masih menjanjikan bantuan bakti TNI yang akan membantu warga dalam menata kembali kawasan yang rusak pascagempa.

"Saat bapak ibu mengalami musibah, maka tugas kami yang pertama kali adalah melaksanakan bantuan tanggap darurat. Jadi begitu ada kejadian secara otomatis kami TNI Angkatan Darat berkewajiban membantu bapak ibu sekalian. Mudah-mudahan apa yang diberikan oleh prajurit kami berserta keluarganya dapat bermanfaat. Kemudian Insya Allah dalam rangka HUT TNI nanti kami juga akan melaksanakan bakti prajurit TNI membantu bapak ibu di sini," ujarnya. (bna)