Kamis, 12 September 2013

Jenderal Budiman Terima Brevet Kehormatan dari Kopassus

Rabu, 11 September 2013 | 13:29 WIB, JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Budiman mendapatkan Brevet Komando Kehormatan dari Korps Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI-AD di Markas Kopassus di Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (11/9/2013). Pennghargaan ini diberitakan sebagai bentuk pengabdian dan kontribusi jenderal bintang empat tersebut kepada Kopassus. 

"Penyematan Brevet ini merupakan suatu kehormatan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab kepada Kopassus TNI Angkatan Darat, " ujar Budiman, saat berpidato di Makopassus, Rabu (11/9/2013). 

Penyematan brevet kepada Budiman dilakukan oleh Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayor Jenderal Agus Sutomo. Pasca disematkan, Budiman mengucapkan tiga butir janji prajurit, yaitu tetap setia kepada visi dan jiwa sapta marga, memegang teguh sumpah prajurit, dan menjunjung tinggi martabat, nama, kehorrmatan, jiwa kesatuan para komando. 

Budiman mengatakan, Brevet Kopassus ini menjadi kebanggaan tersendiri baginya, karena membutuhkan kualifikasi yang tidak biasa. Ia juga berharap, keberadaannya sebagai warga kehormatan Kopassus dapat memberikan motivasi.

"Kebanggaan (Kopassu) harus tetap dipelihara karena Kopassus tidak hanya menjadi kebanggaan TNI Angkatan Darat, tapi juga kebanggaan seluruh rakyat Indonesia," katanya.

Budiman dilantik oleh Presiden SBY sebagai KSAD pada tanggal 30 Agustus 2013 menggantikan Jenderal TNI Moeldoko yang diangkat menjadi Panglima TNI. Dalam karir militernya, Budiman pernah masuk dalam korps baret merah sebagai Kazi Kopassus, Danyon Zipur-10 Kostrad, dan Pabadya-3 Latgab Panan II/Sopsad.