Senin, 16 September 2013

Debat Calon Bupati Luwu, Massa Pendukung Bentrok

Minggu, 15 September 2013 00:25 wib

LUWU - Debat kandidat tiga pasang Cabup dan Cawabup Luwu, diwarnai bentrok antara pendukung Cakka-Amru dan Basmin-Syukur Bijak, di Gedung Simpurusiang Belopa, Sulawesi Selatan.

Bentrokan terjadi karena kedua belah pihak tidak bisa akur selama tahapan Pilkada Luwu berlangsung. Kerusuhan baru dapat dikendalikan setelah petugas Brimob dan TNI AD masuk ke tengah massa, Sabtu (14/9/2013).

Seorang yang diduga sebagai provokator ditangkap dan dipukuli polisi sebelum akhirnya dilepaskan kembali. Pemukulan itu memicu kemarahan kubu Cabup Basmin. Mereka meminta aparat bertindak adil dengan mengusir pendukung Cakka karena dinilai melewati batas area. 

Untuk mencegah bentrok susulan, petugas Brimob membuat pagar betis di depan kubu pendukung Basmin, sementara personel TNI AD berdiri di depan pendukung Cakka. Kendati demikian kedua kubu masih terlibat aksi saling ejek untuk menjatuhkan calon bupati masing-masing.

Massa pendukung masing-masing calon ini dilarang masuk gedung karena dikhawatirkan menggangu debat kandidat yang disiarkan langsung Sun TV Makassar. (Son Rahim/Sindo TV/tbn)