Selasa, 10 September 2013

Alasan Edhie Terjun ke Panggung Politik



Senin, 09 September 2013 | 15:05 WIB


Metrotvnews.com, Jakarta: Saat menjadi KSAD, Pramono Edhie selalu berucap tak pernah tertarik terjun ke panggung politik. Tapi, itu dulu. Faktanya, sekarang Edhie siap menjadi calon presiden lewat Konvensi Partai Demokrat.

Edhie tak menampik pernah berikrar tak mau terjun ke gelanggang politik. Hanya, waktu itu, ia memberi alasan, bersumpah semata-mata buat membatasi dirinya. Keyakinan itu, menurut dia, juga sesuai dengan ajaran sang ayah, Sarwo Edhie Wibowo.

"Beliau selalu bilang, Edhie...jangan pernah melakukan koreksi kepada satuan yang lebih tinggi. Itu agar kamu tak melakukan yang tidak-tidak. Jadilah komandan regu yang bisa memimpin. Jika mau mengatur yang lebih tinggi, capailah jabatan yang lebih tinggi," kata Edhie menirukan pesan sang ayah.

Edhie meyakini, andai saat menjadi orang nomor satu di TNI AD memikirkan hendak menjadi presiden, niscaya dirinya tak akan fokus mengurus anak buahnya.

"Kalau waktu jadi KSAD saya berpikir mau jadi presiden, saya tidak fokus ngurusin TNI AD. Waktu KSAD saya selalu bilang tidak terlalu tertarik, itu untuk membatasi diri sendiri," tambahnya.

Edhie memastikan, hasrat untuk jadi presiden baru datang selepas dirinya tak lagi di TNI. Kebetulan, ia diberi kesempatan oleh Partai Demokrat (PD). "Saat itulah waktu yang tepat terjun ke dunia politik," tutup anggota Dewan Pembina PD, itu.