Rabu, 18 September 2013

430 Anggota Kodim Kendal Diperiksa Urine

Posted: 17/09/2013 14:41

Citizen6, Kendal: Peredaran narkoba yang semakin luas dan sulit terdeteksi nampaknya membuat institusi militer dalam hal ini Kodim 0715/Kendal waspada. Untuk mengantisipasi masuknya narkoba di kalangan prajurit, Kodim bekerjasama dengan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) mengadakan pemeriksaan urine di Makodim Selasa (17/9/2013).

Pemeriksaan oleh petugas BNK tersebut diikuti oleh 430 anggota TNI dimulai dari pukul 08.00 hingga menjelang tengah hari. "Saya ingatkan kepada seluruh anggota Kodim agar jangan pernah memakai narkotika dan zat terlarang lainnya, mencoba pun jangan, efeknya akan sangat merusak baik fisik maupun mental jika terbukti ada anggota TNI yang mengkonsumsi narkoba maka kami akan tindak sesuai hukum yang berlaku," tegas Dandim 0715/Kendal Letkol Kav Wiratno melalui Kepala Staf Kodim Mayor Inf Kadarusman.

Prosedur pemeriksaan narkoba di korps baju loreng ini berjalan tertib, semua prajurit dari level Tamtama, Bintara, Perwira, bahkan Dandim dan Kasdim juga mengikuti prosedur yang ada, dimulai dari mengkompulir urine di wadah yang disediakan hingga mengisi daftar hadir pemeriksaan, semua berjalan tertib dan bersifat wajib bagi semua tentara yang berdinas di tempat itu.

Kepala BNK Kendal, Drs. Teguh Budi Santoso, memuji jalannya pemeriksaan urine di markas tentara ini, "Tak ada kesulitan apapun dalam proses pemeriksaan urine ini, Dandim dan jajarannya sangat kooperatif, semoga kedepan langkah dari Kodim Kendal ini akan ditiru oleh seluruh instansi lain, BNK berkomitmen menjalin kerjasama dengan semua pihak untuk deteksi awal dan pemberantasan narkoba,” papar Teguh. (Aryo Widiyanto/Arn)