Jumat, 13 September 2013

167 Prajurit TNI Disiapkan ke Haiti

JAKARTA - Sebanyak 167 prajurit TNI disiapkan untuk misi perdamaian ke Haiti atas permintaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sebelum diberangkatkan, para pra¬jurit mendapatkan pembekalan selama satu bulan di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian di Bogor, Jawa Barat.

Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian, Brigjen TNI AM Putranto, mewakili Asops Panglima TNI, membuka latihan penyiapan prajurit yang akan tergabung dalam Satgas Kizi TNI Kontingen Garuda XXXII-C/ Mi-nustah Haiti itu. Para prajurit dipimpin Komandan Satgas (Dansatgas), Mayor Czi Alfius Navirinda Krisdinanto.
"Latihan penyiapan ini perlu dilaksanakan dengan baik agar setiap personel satuan mampu mempertahankan dan, bila perlu, meningkatkan keberhasilan tugas-tugas yang ditetapkan oleh PBB," kata Putranto, di Bogor, Kamis (12/9).

Pasukan TNI ini melaksanakan misi perdamaian, an¬tara lain memberikan bantuan kemanusiaan, pemulihan keamanan dan stabilitas serta rekonstruksi ekonomi pasca gempa di Haiti pada 12 Januari tahun lalu. Materi latihan yang diterima selama satu bulan adalah materi umum be¬rupa core pre deployment training material (CPTM) dan be¬berapa materi aplikasi yang dirancang khusus untuk men¬dukung kelancaran pelaksanaan tugas. (nsf/P-3), Sumber: Koran Jakarta (13 September 2013/Jumat, Hal. 03)