Selasa, 04 Juni 2013

KSAD Resmikan Pusat Pelatihan Militer Seluas 8.100 Hektare di Simalungun


Sabtu, 01 Juni 2013 | 00:10 WIB
Metrotvnews.com, Simalungun: KSAD Letjen Moeldoko meresmikan pusat latihan militer di Desa Morawa, Kecamatan Dolok Silau Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara.

Lokasi seluas 8.100 hektare itu akan menjadi pelatihan tempur bagi para prajurit TNI.

Di lokasi itu akan dibangun sejumlah fasilitas pendukung bagi para prajurit, seperti gedung pertemuan, pendidikan dan pelatihan, olahraga dan kolam renang, hingga area pertempuran di dalam hutan.

Simalungun Military Traning Area juga menyediakan fasilitas untuk masyarakat umum untuk dapat melihat aksi para TNI saat latihan pertempuran dan dapat menggunakan fasilitas olahraga dan kolam renang secara cuma-cuma. Moeldoko mengatakan, kehadiran pusat latihan tempur itu juga bisa menjadi lokasi latihan bersama antara prajurit TNI dan tentara negara tetangga.

Saat peresmian, sejumlah prajurit melakukan atraksi penembakan dengan senjata alat berat ke titik bukit serta menerbangkan helikopter Puma buatan Rusia 2007. Rencananya, di lokasi itu akan diadakan latihan perang antarnegara pada Oktober.

Bupati Simalungun JR Saragih mengaku, kehadiran ribuan prajurit yang berlatih diharapkan dapat menambah pendapatan daerah, wawasan, dan pengetahuan bagi warga. (Nurmansyah) Editor: Henri Salomo Siagian