Senin, 21 Oktober 2013

DanramildanBabinsa se-Jawa Barat IkutiOrientasi Program Kependudukandan KB




Bandung,   Pangdam III/SiliwangiMayjen TNI DediKusnadiThamimmen­gatakanKegiatanOrientasi Pro­gram KependudukandanKel­uargaBerencanasertaHuman TraffickingmerupakantindaklanjutdariAudiensiKetuaP2T-P2A denganPangdam III/Siliwangi, sertamerupakanupaya yang sangatbaikdalammence­gahterjadinyakasus-kasuster­kaitdenganperdaganganmanusia (human trafficking) sertakekerasanterhadapperempuandananak, denganmelibatkanperansertaparaBabinsa.

Hal tersebutdisampaikanPan­gdam III/Siliwangisaatmem­bukaKegiatanOrientasi Pro­gram KependudukandanKel­uargaBerencanasertaHuman TraffickingbagiDanramildanBabinsa se-Jawa Barat Tahun 2013 bertempat di Aula Barat Gedung Sate, Jum'at (18/10).

Kegiataninidiikutioleh 500orang terdiridari 160 orang Dan­ramildan 340 orang Babinsa se-Jawa Barat, kegiataniniber­langsungsatuharidenganma­teri yang disampaikanolehKetuaPusatPelayananTerpaduPemberdayaanPerempuandanAnak (P2TP2A) ProvinsiJawa Barat Hj. NettyPrasetiyaniHeryawan, MSidanDra. Min YuliAlimuis, MSidari BKKBN ProvinsiJawa Barat danIbuNeniKencanawati.

HadirdalamacaratersebutGubernurJawa Barat H. Ahmad Heryawan, Danrem 061/ Sksd 064/MY, paraAsistenKasdam III/Slw, paraKepalaDinasProvinsiJawa Barat, ser­taundanganlainnya.

LebihlanjutPangdamme­nyampaikanbahwaBabin­saadalahunsurpelaksanaKoramil yang bertugasmelaksanakanpembinaanteritorial (Binter) di wilayahdesadanke­lurahan, di era reformasiseka­ranginikemampuanBabinsasangatmenentukankeberhas­ilanBintersehingga di dalammelaksanakantugasnyaBabin­saselaluberkoordinasidenganaparatterkait di desadankelu­rahansepertitokohmasyarakat, tokoh agama dantokohpemu­da agar tidakterjadikegagalan-kegagalandalammelaksanakantugasnya.

DijelaskanolehPangdambah­waBabinsaseringkahjugadili­batkandenganberbagaimacammasalah yang menyangkutsos­ialkemasyarakatan yang ada di wilayahserta di luartugaspo­koknya, berkaitandenganitu, terlebihlagi di era reformasisekarangini, paraBabinsaper­ludibekalidenganberbagaipen­getahuan yang bukansajapen­getahuankhusus di bidangter­itorial, tetapijugapengetahuanumumlainnya, termasukpengetahuandalamupayamence­gahkasus-kasusHuman traf­ficking, sertakekerasaanterhadapperempuandananakse­hinggasinergitas yang baikan­taraberbagaiunsurdanpihakterkait, sertaKodam III/Sili­wangidenganmelibatkanparaBabinsa, dapatmenjadisalahsatuupayauntukmeminimalisirmasalah-masalahtersebut.

LebihlanjutPangdamme­nyampaikanbahwasetelahke­giataniniselesaiakandilanjut­kandengankegiatanPembekalan Kader PenyuluhPembinaanPerempuandan KB kepadake­pada 270 orang yang terdiridariparaDanramilsertaBabinsase­caratersebar di 5 wilayahkodimjajarankodam III/Siliwangi, yai­tuKodim 0606/Kota Bogor, Kodim 0609/Kabupaten Band­ung, Kodim 0616/Indramayu, Kodim 0620/Kabupaten Cire­bon, sertaKodim 0621/Kabu­paten Bogor. (Pendam III/Slw), Sumber Koran: Pelita (21 Oktober 2013/Senin, Hal. 12)