Senin, 16 September 2013

Sejak 2010, TNI Tanam 2 Juta Pohon di Kawasan Danau Toba

Minggu, 15 September 2013 - 10:34

Medan, Seruu.com - Pangdam I Bukit Barisan, Mayjend Burhanuddin Siagian menyebutkan sejak tahun 2010 hingga saat ini, TNI telah menanam sebanyak 2 juta pohon di kawasan Danau Toba.

"Apa yang kita lakukan ini adalah meneruskan Toba Go Green yang sudah dirintis tahun 2010 oleh Pangdam I/BB sebelumnya. Sejak 2010 hingga sekarang sudah 2 juta pohon ditanam di kawasan Danau Toba," ujar Burhanuddin dalam sambutan saat penanaman 20 ribu pohon dalam program Toba Go Green di Desa Parsaoran, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Sabtu(14/9/13).

Pada tahun 2013, sambung Burhanuddin, Kodam I Bukit Barisan kembali menanam 20 ribu batang pohon.

"Mulai dari pohon durian, mangga, alpukat, kemiri, dan pohon keras lainnya," sebutnya.

Selain menggelar aksi sosial menanam pohon, Toba Go Green kali ini juga ditambah kegiatan penebaran 30.000 ekor benih ikan mujair ke perairan Danau Toba, serta pelayanan kesehatan berupa cek kesehatan, gula darah, pemberian kacamata gratis, pemberian obat obatan dan pelayanan KB.

"Kali ini kita (TNI-red) bekerjasama dengan Universitas Sumatera Utara dan HKBP Nommensen dengan melibatkan ratusan mahasiwanya turut serta menanam pohon. Sementara kita sendiri menurunkan 3.500 personil TNI.

Acara toba Go Gren itu sendiri, dibuka dengan tari persembahan oleh yayasan Pusuk Buhit. Tarian sambutan itu mengisahkan tentang rasa terimakasih warga setempat akan kepedulian para pemimpin mereka terhadap masyarakatnya. (Yanadrian)