Jumat, 13 September 2013

250 Aparat Gabungan Tertibkan PKL di Pasar Gembrong

Kamis, 12/09/2013 10:52 WIB, detikNews, Jakarta - Sebanyak 250 aparat gabungan Satpol PP, Polri dan TNI melakukan penertiban pedagang kaki lima (PKL) yang masih bertahan di kawasan Pasar Gembrong, Jakarta Timur. Puluhan gerobak pedagang diangkut ke atas truk milik Satpol PP. 

"Sekitar 250 aparat diturunkan dari Satpol PP, Polri, dan TNI," ujar Kasatpol PP Jakarta Timur, Syahdona, di kawasan Pasar Gembrong.

Penertiban ini dilakukan sejak pukul 10.15 WIB, Kamis (12/9/2013) dan masih berlangsung hingga saat ini. Aparat gabungan tanpa basa basi mengangkut rombong dan barang dagangan PKL. Tidak ada upaya perlawanan dari para pedagang yang barang dagangannya diangkut oleh petugas, mereka pasrah dan melihat saja. Para pedagang makanan, minuman, dan mainan anak-anak ini tadinya masih berdagang di trotoar dan bahu jalan. 

Petugas Satpol PP itu terdiri dari petugas Satpol PP dari Kota Jakarta Timur, Kecamatan Jatinegara dan Kelurahan Cipinang Besar Utara dan Cipinang Besar Selatan.

Tampak di antara petugas yang mengamankan penertiban kali ini, terdapat sekitar 50 orang pasukan Sabhara dari Polres Jakarta Timur dan Polsek Jatinegara. Belasan di antara mereka membawa pistol gas air mata. 

Operasi ini dipimpin langsung oleh Kasatpol PP Jakarta Timur, Syahdona. Begitu melihat pedagang yang masih berdagang di area terlarang, dia langsung memerintahkan anak buahnya untuk mengangkut barang-barang milik pedagang tersebut. 

"Tertibkan semua, bawa semua," seru Syahdona.