Jumat, 14 Juni 2013

Panglima TNI: Latgabma Malaysia-Indonesia Untuk Jaga Stabilitas



13 Juni, 2013 | Filed under: Medan | Posted by: Redaksi

Medan (Berita): Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono mengatakan kegiatan Latihan Gabungan Bersama (atgabma) bersandi “Malaysia-Indonesia (Malindo) Darat Samudera Angkasa (Darsasa)-8AB/2013 untuk menjaga stabilitas wilayah kedua negara.

"Latihan yang dilaksanakan pasukan TNI dan ATM itu juga untuk penanggulangan teror," katanya dalam temu pers di Medan, Rabu, setelah menyaksikan demonstrasi pembebasan sandera yang berada di Hotel Arya Duta.

Dalam operasi militer yang dilancarkan Pasukan Kopasus dan Grup Gerak Khas ATM itu, kesepuluh teroris mati tertembak, sedangkan ke-20 sandera bisa diselamatkan pasukan elit dari Indonesia dan Malaysia. Panglima ATM Jenderal Tan Sri Dato'Sri Zulkifeli Bin Mohd Zin juga ikut menyaksikan pembebasan sandera tersebut.

Menurut Panglima TNI, latihan militer yang dilakukan kedua negara itu akan terus dilaksanakan satu kali dalam tiga tahun dan sebelumnya Latgabma Malindo berlangsung satu kali dalam empat tahun. "Ini terpaksa diubah, karena pentingnya manfaat latihan tersebut bagi Indonesia dan Malaysia," ucap jenderal bintang empat itu.

Dalam latihan tersebut, sekaligus menguji Protap Malindo 16 dan 18 tentang penanggulangan teror. "Di sini akan dapat diketahui kemampuan pasukan TNI dan prajurit ATM dalam mengatasi kelompok teroris tersebut," katanya.

Ketika ditanya dimana akan dilaksanakan Latgabma Malindo berikutnya, Panglima TNI mengatakan di Malaysia. "Latihan gabungan itu, dilakukan secara bergiliran," ucap Suhartono.

Sebelumnya, Latgabma Malindo Darsasa-8AB/2013 dibuka oleh Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono di Lanud Soewondo Medan, Jumat (7/6) dan penutupan latihan dilakukan oleh Panglima ATM Jenderal Tan Sri Dato' Zulkifeli Bin Mohd Zin di Lapangan Benteng Medan, Rabu (12/6). Latihan militer itu berlangsung dari tanggal 7 hingga 12 Juni 2013 dengan diikuti 1.185 personel TNI dan 298 prajurit ATM.(ant)