Jumat, 03 Mei 2013

Program Kependudukan Adalah Masalah Bersama

Bandung,   Pangdam III/Siliwangi men­egaskan program kependudu­kan bukan hanya semata men­jadi masalah dan tanggung jaw­ab pemerintah, tetapi sesung­guhnya menjadi masalah ber­sama. Karenanya perlu adanya sinerji dari berbagai pihak ter­kait, mencari solusi dan berper­an aktif untuk mengatasi ma­salah kependudukan tersebut.

Penegasan tersebut disam­paikan Pangdam III/Siliwan­gi Mayjen TNI Sonny Widjaja saat membuka Rapat Koordina­si Bakti TNI Keluarga Beren­cana Kesehatan Terpadu Kodam III/Siliwangi tahun 2013 di Aula Manunggal Denma Kodam III/ Siliwangi Jalan Kalimantan No 14 Bandung, Kamis (2/5).

Kegiatan rakor yang dilak­sanakan satu hari diikuti oleh 175 peserta terdiri dari para pejabat bidang KB Kesehatan dan para Perwira territorial se wilayah Kodam III/Siliwan­gi yang meliputi Provinsi Jawa Barat dan Banten.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Ny Netty Prasetiyani Heryawan, Para Ke­pala Dinas Kesehatan dan BKK­BN Provinsi Jabar dan Banten, Para Asisten Kasdam, Kabalak serta para pejabat di lingkun­gan Kodam III/Siliwangi.

Lebih lanjut pangdam men­gatakan Kodam III/Siliwangi telah bekerjasama dengan be­berapa pihak melaksanakan ke­giatan bakti sosial dalam rangka meningkatkan kesehatan ma­syarakat diantaranya dengan PT Sidomuncul dengan meng­gelar operasi katarak gratis bagi masyarakat yang tidak mampu.

Selama penyelenggaraan bak­ti sosial kesehatan di tahun 2012 telah berhasil mengoper­asi sebanyak 1.700 mata dan pada tahun 2013 direncanakan akan mengoperasi mata pasien yang terganggu katarak seban­yak 2.000 mata.

Di bidang pertanian Kodam III/Siliwangi juga telah melaku­kan kerjasama pelatihan bagi para petani muda bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dan telah berhasil mel­atih 600 pemuda yang disiap­kan sebagai kader petani muda yang siap terjun mengembangkan sektor pertanian, peter­nakan dan perkebunan di selu­ruh wilayah Jawa Barat.

Terkait dengan rencana Pro­gram Bakti TNI KB Kes terpa­du tahun 2013 Pangdam san­gat mendukung dan meminta kepada seluruh Kowil dan Ja­jaran Kodam III/Siliwangi un­tuk membantu kelancaran dan keberhasilan kegiatan sehingga dapat mencapai target dan sa­saran secara optimal.

Pangdam mengharapkan ke­pada para peserta untuk me­manfaatkan waktu dengan se­baik mungkin melakukan dis­kusi dan pembahasan tentang segala permasalahan yang ter­kait dengan kegiatan bakti TNI KB KeS sehingga mendapat solusi terbaik dalam mengopti­malkan kegiatan untuk kesehat­an dan kesejahteraan masyara­kat. (Pendam III/Slw), Sumber Koran: Harian Pelita (03 Mei 2013/Jumat, Hal. 12)