Jumat, 03 Mei 2013

Presiden SBY Tinjau Latihan Gabungan TNI



Kamis, 02 Mei 2013, 09:53 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Menggunakan KRI Makassar 590, Presiden SBY dan rombongan berangkat dari Dermaga Ujung Komando Armada Timur TNI AL, Kamis (2/5) pagi untuk meninjau latihan gabungan TNI.

Presiden SBY tiba di Dermaga Ujung sekitar pukul 07.00 WIB dan disambut Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, para Kepala Staf angkatan, Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo dan jajaran pimpinan TNI lainnya.

Hari ini, Presiden SBY dijadwalkan melihat sejumlah manuver dan latihan dalam perjalanan menuju Probolinggo melalui jalur laut. Jika Presiden berada di KRI Makassar 590, Wakil Presiden Boediono menumpang KRI Surabaya 591. Pada Jumat (3/5) besok, Presiden dan Wapres dijadwalkan menyaksikan latihan operasi gabungan darat di Situbondo.

Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono mengatakan, latihan perang di Situbondo ini merupakan latihan pendahuluan, yang kemudian dilanjutkan latihan lapangan di Sangatta, Kalimantan, Timur dan Bima, Nusa Tenggara Barat, hingga 29 Mei 2013.

Total prajurit TNI dari ketiga matra yang terlibat dalam latihan gabungan ini mencapai 16.745 personel dengan didukung berbagai peralatan tempur, seperti kapal perang, pesawat tempur, tank, dan persenjataan roket maupun meriam.

Sebagian dari 27 kapal perang di jajaran Koarmatim yang mengikuti Latgab TNI sudah sibuk melakukan embarkasi pasukan dan peralatan tempur, sebelum berangkat menuju perairan Laut Jawa, Situbondo, pada Kamis (2/5).