Selasa, 07 Mei 2013

Misil Roket Meledak, Dua Warga Tewas

Situbondo,   Dua war­ga tewas dan tiga warga lainnya luka parah akibat terkena ledakan amusini misil roket di Dusun Jenggrik, Desa Karangtekok, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (4/5).

Para korban itu sengaja secara diam-diam menero­bos lokasi sasaran tembak latihan gabungan guna memulung selongsong amunisi misil roket yang sehari sebelumnya ditem­bakkan dari pesawat tem­pur pada Latihan Gabung­an Tentara Nasional Indo­nesia (Latgab TNI) 2013 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir Karangtekok, Situbondo.

Menurut keterangan para saksi mata, mulanya Asari (50), Syukur (39), dan Untung (35), saat men­cari sisa-sisa selongsong amunisi menemukan satu misil roket yang masih ak­tif menancap di tanah.

Naas, amunisi yang bulat lonjong yang mereka pikul itu dalam perjalanan tiba-tiba terjatuh, kemudi­an meledak hebat. Syukur langsung tewas di tempat kejadian, sedangkan Un­tung meninggal dalam perjalanan ke Puskesmas.

Sedangkan Asari dan ti­ga warga lainnya, yang ber­ada dekat dengan lokasi ke­jadian, yakni Mahfud (39), Yunus (37), dan Didik (40), menderita luka-luka terkena serpihan amunisi.

Komandan Puslatpur Marinir Karangtekok, Situ­bondo, Letkol (Mar) Agus Gunawan, yang dikonfirma­si terpisah, menyesalkan ke­jadian itu. terutama para korban yang masih saja ne­kat menerobos garis batas larangan latihan tempur un­tuk mencari sisa-sisa selong­song amunisi. (ARS/J-111), Sumber Koran: Suara Pembaruan (06 Mei 2013/Senin, Hal. 14)