Kamis, 16 Mei 2013

Kasdam; Netralitas adalah Harga Mati_Anggota TNI Terlibat Kampanye Pilgub Ditindak Tegas


Rabu, 15 Mei 2013 | 09:04 WIB
Boyolali, timlo.net – Netralitas TNI dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah adalah harga mati. Anggota TNI yang diketahui terlibat dalam Pilgub akan dikenai sanksi tegas. Sejauh ini belum ada indikasi adanya keterlibatan oknum TNI dalam Pilgub.

Hal tersebut dipertegas oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) IV/ Diponegoro, Brigjen Agus Kriswanto, saat membuka TMMD Reguler ke 90 di Desa Gumuk Rejo, Kecamatan Teras, Selasa (14/5). “Tidak boleh ada anggota TNI yang memihak salah satu calon, apalagi menyalahgunakan jabatan untuk Pilgub. “Netralitas TNI dalam Pilgub adalah harga mati, tidak boleh ditawar-tawar,” tandasnya.

Terkait dengan kerawanan dalam Pilgub, Brigjen Agus mengakui pihaknya sudah memetakan kerawanan yang ada. Untuk mengantisipasi kerawanan dalam Pilgub, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak berwajib kepolisian.

Sementara terkait dengan adanya indikasi oknum TNI melalui Babinsa yang terlibat dalam kampanye salah satu Cagub, pihaknya mengakui belum mendapatkan bukti. Namun demikian, pihaknya siap melakukan tindakan tegas bila ada bukti-bukti yang kuat.

“Kalau ada bukti, saya siap menindak tegas anggota,” tandas Kasdam Brigjen Agus Kriswanto.