Rabu, 15 Mei 2013

CISM Diharapkan Bisa untuk Kembangkan Prestasi Olahraga TNI



Selasa, 14 Mei 2013 09:52 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebagai anggota ke-133 Dewan Olahraga Militer Internasional atau Conseile International du Sport Militaire (CISM), Tentara Nasional Indonesia (TNI) diharapkan untuk menjadikan organisasi itu sebagai wadah untuk mengembangkan prestasi di bidang olahraga. "Ini akan dijadikan wadah mengembangkan prestasi di kalangan prajurit TNI, sehingga dapat meningkatkan prestasi nasional di bidang olahraga," kata Sekjen Komite Olahraga Militer Indonesia (KOMI) Brigjen TNI Endang Sodik usai pembukaan Sidang Umum dan Kongres Dewan Olahraga Militer Internasional Ke-68 di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (13/5/2013).
       
Sodik berharap, organisasi CISM juga dijadikan wadah untuk melakukan pembinaan bagi para atlet prajurit TNI. "Kami berupaya memanfaatkan organisasi ini dalam pengembangan atlet-atlet. Semua angkatan bersenjata di dunia tengah membangun persahabatan perdamaian melalui olahraga," katanya.
      
Menurutnya, melalui organisasi internasional ini, akan dimanfaatkan untuk perdamaian di kawasan Asia Pasifik. Di tempat yang sama, Presiden CISM Kolonel Hamad Kalkaba Malboum (Kamereun) mengatakan, Indonesia memiliki letak negara yang strategis, dimana diapit oleh dua benua yaitu Australia dan Asia. "Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa Indonesia dipilih untuk menjadi tuan rumah. Saya berharap dengan keikutsertaan Indonesia dalam CISM menjadi pemicu untuk negara Asia lainnya dan Asean secara khusus untuk bergabung dengan organisasi ini," katanya.

Untuk diketahui CISM yang didirikan 18 Februari 1948, merupakan salah satu organisasi olahraga terbesar di dunia yang menjadi ajang pertemuan dan persahabatan bagi angkatan bersenjata dari 133 negara anggota. TNI dikukuhkan sebagai anggota CISM ke-133 pada 14 April 2010.