Jumat, 06 Desember 2013

Prajurit TNI Peringati Hari Juang Kartika Dengan Donor Darah



Kamis, 05 Des 2013 - 20.35 WIB


Surabaya - Dalam rangka memeringati Hari Juang Kartika dan HUT Kodam V/Brawijaya ke-65, digelar donor darah di RS Tentara Surabaya. Sejak Kamis (5/12/2013) pagi, rumah sakit milik TNI AD ini dipenuhi para pedonor darah yang terdiri dari prajurit TNI AD, Kowad, PNS, Persit dan masyarakat umum. Mereka dengan sukarela menyumbangkan darahnya demi keselamatan orang lain.

“Walau hanya setetes darah, tapi kegiatan sosial ini untuk menolong sesama. Setetes darah itu sangat bermanfaat bagi orang lain,” tukas Kepala Penerangan Kodam V/Brawijaya Kolonel Arm Totok Sugiharto.

Menurut dia, kegiatan ini bermanfaat untuk memelihara dan mempertahankan kesehatan bagi mereka yang mendonorkan darahnya. “Yang terpenting, kegiatan donor darah ini merupakan sesuatu kegiatan yang mulia demi kemanusiaan tanpa memandang segala perbedaan baik agama dan kepercayaan, golongan, suku bangsa, warna kulit maupun perbedaan jenis kelamin,” tandas Totok.

Kegiatan donor darah ini dimulai pukul 07.00 yang dijalankan petugas dari Satuan Kesdam V/Brawijaya, serta petugas dari PMI Surabaya. Sebelum melakukan donor darah, pendonor terlebih dahulu diperiksa kondisi kesehatannya, golongan darahnya, termasuk masa lamanya pendonor untuk mendonorkan kembali. Hal ini dilakukan guna menjaga kesehatan pendonor dan mencegah resiko penularan penyakit kepada penerima darah nantinya.