Jumat, 06 Desember 2013

Pangdam: Masyarakat Diminta Turut Jaga Obyek Vital



PANGDAM III/Siliwangi Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim mengatakan Kabupaten In­dramayu merupakan salah satu wilayah strategis dalam mendu­kung ketahanan energi nasion­al, karena memiliki obyek vital nasional yakni Unit Pengolah­an VI PT. Pertamina di Balongan yang menyuplai kebutuhan min­yak nasional.

Hal tersebut disampaikan Pangdam III/Siliwangi saat melakukan silturahmi dan tat­ap muka dengan Forkonpimda Kabupaten Indramayu, tokohagama dan tokoh masyarakat Indramayu di Bumi Patra Ayu PT. Pertamina RU VI Balongan Indramayu, Rabu (4/12).

Hadir pada acara tersebut GM RU VI Pertamina Balongan, Danrem 063/Sgj, Irdam, para Asisten Kasdam, Kabalak Jaja­ran Kodam III/Siliwangi, Wakil Bupati dan unsur Forkonpimda serta para tokoh Agama dan to­koh masyarakat Kabupaten In­dramayu.

Acara yang bertajuk "Silatur­ahmi Pangdam III/Siliwangj den­gan Forkonpimda dan Toga, Tomas dalam rangka Pengaman­an Obyek Vital Nasional untuk Membangun Ketahanan Ener­gi Nasional," berjalan dengan penuh dialogis.Sebelum melak­sanakan silaturami pada pagi harinya Pangdam memimpin Serah terima Jabatan Danyonarhanudse-14 Kodam III/Siliwangi di Jalan Pilang Kota Cirebon.

Lebih lanjut Pangdam men­gungkapkan sesuai konstitusi (UU No. 34/2004), Kodam III/Siliwangi memiliki tugas untuk melakukan Operasi Militer Per­ang (OMP) dan Operasi Mili­ter Selain Perang (OMSP) yang salah satu bentuknya adalah se­lain membantu Pemerintah Dae­rah, juga membantu pengaman­an obyek vital nasional.

Pangdam mengharapkan masyarakat turut secara aktif memelihara dan mengamank­an obyek vital nasional yang berada di Balongan, yaitu Unit Pengolahan VI PT. Pertami­na, sebab menurut Pangdam jika obyek vital ini tidak berja­lan atau terganggu produksin­ya, akan berdampak besar terh­adap ketahanan energi nasional.

"Komunikasi dan kerjasama diantara unsur Forkonpim­da bersama dengan berbagai el­emen masyarakat yang selama ini telah berjalan dengan baik dan lancar perlu dipertahank­an, bahkan ditingkatkan sampai tingkat bawah," harap Pangdam.

Pangdam juga mengajak ke­pada seluruh elemen di Indra­mayu untuk turut menjaga sta­bilitas wilayah yang kondusif, khususnya menghadapi tahun politik pada 2014 nanti maupun untuk kepentingan pembangu­nan di daerah.(Pendam III/Slw), Sumber Koran: Pelita (06 Desember 2013/Jumat, Hal. 12)