Kamis, 05 September 2013

Top! Prajurit TNI di Papua Ubah Lahan Tidur Jadi Kebun Semangka

Rabu, 04/09/2013 12:04 WIB

Jakarta - Inisiatif prajurit TNI SatgasPamtas RI–PNGYonif 412/Raider/Kostrad patut diacungi jempol. Upaya mereka melakukan pembinaan pada masyarakat boleh dibilang sukses. Bahu membahu dengan warga, pasukan TNI ini mengubah lahan tidur menjadi kebun semangka.

Seperti disampaikan dalam siaran pers, Kostrad, Rabu (4/9/2013) pembinaan kemasyarakatan dilakukan di wilayah Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom. 

Metode pendekatan pembinaan kemasyarakatan yang dipilih adalah dengan Program Mandiri terpadu Pertanian Agrobisnis memanfaatkan lahan kosong yang tidak diurus oleh masyarakat khususnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura dengan SatgasYonif 412/Raider. 

"Cikal bakal lahan percontohan ini dipilih berdasar kemampuan awal beberapa prajurit yang memiliki kemampuan lebih di bidang pertanian, yang pada awalnya telah dipersiapkan satuan Batalyon guna menunjang tugas pokok pengamanan perbatasan," tulis siaran pers Kostrad. 

Awal mula mengubah lahan itu dengan melakukan pengamatan awal selama beberapa bulan terhadap perilaku pola hidup masyarakat di distrik Muara Tami khususnya masyarakat asli di daerah Skouw Mabe, Skou Sae dan Yambe yang bermata pencaharian utama bercocok tanam.

Pola hidup bercocok tanam sebagian besar masyarakat setempat masih dilakukan dengan metoda yang sangat tradisional di mana mereka sangat mengandalkan kesuburan tanah dari lahan bercocok tanam yang mereka miliki dengan menerapkan pola tanam yang sangat sederhana, tidak menggunakan pupuk, perawatan minim dan tanpa pengolahan tanah garapan sebelum tanam. 

Akhirnya digagas cara untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan cara mengembangkan tanaman yang dapat dijadikan tanaman bisnis untuk mata pencaharian dengan memanfaatkan peluang kesuburan tanah yang sudah ada.