Jumat, 06 September 2013

Ratusan massa dukung anggota Kopassus jelang jatuhnya vonis



Kamis, 05 September 2013 11:33 WIB


LENSAINDONESIA.COM: Jelang jatuhnya vonis terhadap Serda Ucok Tigor Simbolon, Serda Sugeng Sumaryanto dan Koptu Kodik, massa pendukung Kopassus siap beraksi, kamis (5/9/2013)

Di depan gedung Dilmil, ratusan orang dari berbagai elemen seperti Pemuda Panca Marga Bekasi, FKPPI, Kawulo Ngayogyakarto dan Koalisi Organisasi masyarakat Sipil Peduli Hankam, menggelar aksi dukungan terhadap ketiga anggota Kopassus itu. Satu mobil pick up lengkap dengan perangkat pengeras suara sudah disiapkan menjadi tempat orasi. “Jangan dihukum berat, Kopassus adalah pelindung rakyat,” kata koordinator aksi Iwan Gunawan.

Menurut dia, pihaknya mendukung TNI dalam memberantas premanisme dari Indonesia. Pihaknya juga menuntut adanya sepoonering atau penyampingan hukum demi kepentingan umum dalam kasus Cebongan oleh MA.

Ratusan peserta aksi meneriakkan yel-yel “Bebaskan Serda Ucok cs” dan menyanyikan lagu “Bagimu Negeri”. Massa mengecam Komnas HAM karena dianggap terus memojokkan TNI.

Jalan lingkar timur Ketandan Banguntapan Bantul, depan gedung Pengadilan Militer II/11 Yogyakarta, rencananya ditutup aparat kepolisian saat vonis dibacakan. Namun sampai saat ini penutupan jalan lingkar timur belum dilakukan. Polisi hanya berjaga-jaga di luar gedung atau di sepanjang ringroad. Sedangkan aparat TNI AD berjaga-jaga di sekitar gedung Dilmil (Pengadilan Militer).

Sidang dengan agenda pembacaan vonis oleh majelis hakim yang diketuai Letkol (CHK) Joko Sasmito dengan Oditur Militer Letkol (sus) Budiharto. Ketiga terdakwa juga didampingi penasihat hukum Kol (CHK) Rohmad. Hari ini dijadwalkan pembacaan vonis berkas satu dengan terdakwa Serda Ucok, Serda Sugeng, dan Koptu Kodik dan juga berkas dua dengan 5 terdakwa Sertu Tri Juwanto cs.

Sekedar diketaui para anggota Kopassus ini disidang dalam kasus penyerbuan Lapas Cebongan dan membunuh komplotan preman yang menganiaya hingga meninggal rekan mereka di dekat sebuah tempat hiburan. @tr/LI-14