Selasa, 03 September 2013

Ketua MPR: Sosialisasi 4 Pilar Juga Tanggung Jawab TNI



Posted: 02/09/2013 17:22


Liputan6.com, Jakarta : Letjen Budiman saat ini telah resmi menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Moeldoko. Sementara Moeldoko menjabat Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Agus Suhartono yang memasuki masa pensiun.

Ketua MPR Sidarto Danusubroto berharap, Jenderal TNI Moeldoko dan Letjen Budiman bisa ikut serta dan gencar mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan, sebagai pondasi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang selama ini digelorakan MPR.

"4 Pilar bukan hanya tanggung jawab MPR DPR tapi juga semua lembaga termasuk TNI dan Polisi serta elemen masyarakat yang lain," kata Sidarto saat ditemui usai pelantikan KSAD yang baru di lapangan Mabes TNI AD, Jakarta, Senin (2/9/2013).

Lebih lanjut Sidarto yang juga politisi Senior PDIP ini menjelaskan, Panglima Jenderal TNI Moeldoko sudah melalui fit and proper test untuk melepaskan jabatannya sebagai KSAD. Karena itu ia menilai Moeldoko layak menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Agus Suhartono.

Begitu pula Letjen Budiman yang melepaskan jabatannya sebagai Sekjen Kementerian Pertahanan untuk selanjutnya menjadi KSAD menggantikan Moeldoko karena dinilai layak oleh pemerintah.

"Ya yang dipilih ini (Pak Moeldoko) sebagai panglima TNI untuk melepaskan jabatannya sebagai KSAD sudah melalui fit and proper test oleh komisi I DPR, saya kira dia orang yang layak untuk menjadi panglima TNI, maupun Pak Budiman sebagai KSAD," tutur Sidarto.

Karena itu, mantan ajudan sang Proklamator Kemerdekaan Bung Karno ini berharap agar kedua pemimpin itu bisa bekerja secara profesional terutama dalam pagelaran Pemilu 2014 mendatang nanti.

"Mereka saya harapkan bisa independen dalam pemilu, karena independensi dan menjaga keberlangsungan demokrasi ini penting sekali," tukas Sidarto. (Ali/Ism)