Selasa, 03 September 2013

Bangun Jalan, Kemenhan Anggarkan Rp 425 Miliar



SENIN, 02 SEPTEMBER 2013 | 18:42 WIB


TEMPO.CO, Jakarta-Kementerian Pertahanan akan membangun 14 ruas jalan di Papua dan Papua Barat. Kementerian Pertahanan akan mengerahkan Batalyon Zeni Tempur untuk pembangunan ruas jalan ini.

"Total dananya Rp 425 miliar," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro saat rapat dengan Komisi Pertahanan DPR di kompleks parlemen, Senayan, Senin, 2 September 2013. Purnomo mengatakan dasar pembangunan ini adalah Peraturan Presiden Nomor 40 Tahun 2013.

Purnomo membantah jika pembangunan ini akan mengganggu stabilitas keamanan di Papua terkait keberadaan Organisasi Papua Merdeka. Menurut dia, alasan pemerintah menggunakan TNI karena geografi di Papua dan Papua Barat berat untuk pembangunan fisik. Selain itu, Zeni Tempur TNI Angkatan Darat memiliki pengalaman sehingga pembangunan akan menjadi lebih cepat. "Tentara kalau ditugasin, ya, mesti berangkat."

Pasal 3 dalam Perpres tersebut menyatakan, pemerintah memberikan penugasan kepada TNI untuk melaksanakan pembangunan jalan pada ruas tertentu di Papua dan Papua Barat. Purnomo mengatakan, pembangunan ini meliputi perencanaan teknis, pelaksanaan konstruksi, dan pengawasan. Ketiga kegiatan ini akan dilakukan secara swakelola dengan melibatkan Batalyon Zeni Tempur.

Berdasarkan Pasal 4, anggaran pembangunan ini akan dibebankan kepada anggaran negara. Menurut Purnomo, pelaksanaan program ini dialokasikan dari Daftar Isian Penggunaan Anggaran Kementerian Pertahanan. "Pelaksana kegiatan ini adalah TNI Angkatan Darat," kata dia. (WAYAN AGUS PURNOMO)