Senin, 02 September 2013

Jenderal Profesional



Senin, 2 September 2013


Letnan Jenderal (TNI) Budiman resmi menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal (TNI) Moeldoko yang diangkat menjadi Panglima TNI. Orang nomor satu di matra darat ini adalah perwira penerima Bintang Adimakayasa yang juga lulusan terbaik Akabri tahun 1978. Pria kelahiran Jakarta, 25 September 1956, ini dikenal sebagai sosok santun. Ia juga pernah bertugas sebagai Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) pada 2008.

Budiman dikenal sebagai sosok jenderal profesional dalam menjalankan tugas-tugas kemiliteran. Suami Wanti Mirzanti ini ingin prajurit TNI menyayangi dan dicintai rakyat.

Mengawali kariernya sebagai Danton Yonzipur-3 di Kodam III/Siliwangi, Budiman kemudian bertugas di Kopassus TNI AD sebagai Kazi Kopassus dan berlanjut menjadi Danyon Zipur-10 Kostrad, Pabandya-2/Latgab, dan Paban-II/Sospad.

Pada 1997 ia sempat menjabat Sespri Wakil KSAD, kemudian menjadi Sespri KSAD pada 1998. Pada tahun yang sama menjadi Koorspri KSAD. Jabatan penting dan strategis lainnya yakni Pangdam IV/Diponegoro pada 2009, Dankodiklat TNI AD pada 2010, dan Wakil KSAD pada 2011. Sebelum dilantik menjadi KSAD, Budiman menduduki jabatan Sekjen Kemhan.

Beberapa prestasi di luar negeri juga pernah ditorehkannya saat bertugas di Australia, Somalia, Denmark, Amerika Serikat, dan China. Sumber : www.suarakarya-online.com