Selasa, 10 September 2013

Indonesia Tuan Rumah Pelatihan Terorisme di Sentul



Senin, 9 September 2013 12:25 WIB


JAKARTA, Jaringnews.com - Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan latihan terorisme yang digelar di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) di Sentul, Bogor, Senin (9/9). Latihan bertajuk ASEAN Defense Ministers' Meeting Plus Expert Working Group On Counter Terrorism Exercise 2013, dihadiri 18 negera peserta, dengan jumlah peserta 872 orang prajurit.

Acara ini dubuka oleh Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko dan Duta Besar Amerika Serikat untuk ASEAN David Carden. Hadir Kepala Staf TNI AD Letnan Jenderal TNI Budiman, Kabarhakam Polri Komjen (Pol) Badrodin Haiti, Kepala BNPT Komjen (Pol) Ansyaad Mbai dan sejumlah petinggi TNI.

"Sungguh merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi saya mengetahui bahwa Indonesia, dalam hal ini Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dipercaya untuk menyelenggarakan secara bersama dengan Amerika Serikat kegiatan The ADMM Plus EWG On CTX 2013 yang diikuti 18 negara peserta," ujar Moeldoko saat memberikan sambutan.

Dia mengemukakan, penyelenggaraan ini akan dilakukan dengan standar terbaik. Mengingat, bahwa dinamika tantangan keamanan terkini telah berkembang sangat cepat dan berdampak luas di kawasan.

"Diperlukan suatu upaya penanganan yang tepat dan akurat, dan terkoordinasi antar militer," tambahnya.

Lebih lanjut Moeldoko mengemukakan, bukan hanya negara-negara yang tergabung dalam The ADMM Plus EWG On CTX 2013 yang ingin mengikuti pelatihan terorisme, akan tetapi di luar negara tersebut juga ingin berpartisipasi.

"Khususnya dari negara-negara di luar anggota ADMM-Plus. Hal ini menandakan bahwa forum ini sangat penting, dalam upaya menangani pergeseran tantangan dan ancaman yang muncul secara global," ucapnya.