Rabu, 04 September 2013

Amankan Pilgubri, Kodim 0303 Bengkalis Siagakan 250 Personel

Selasa, 3 September 2013 16:50

Riauterkini-DUMAI - Demi mensukseskan Pemilihan Umum Gubernur Riau tahun 2013, Komando Distrik Militer (Kodim) 0303 Dumai – Bengkalis telah menyiapkan sebanyak 250 pasukannya yang distandbykan di Markas Kodim 0303 yang terletak di Jalan Sultan Syarief Kasim Dumai. 

Dandim 0303 Dumai-Bengkalis, Letkol Infantri Sukirman Sulaeman, Selasa (3/9) mengungkapkan, dari jumlah 250 personel tersebut bersiaga di 5 wilayah yakni Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis, Siak dan Kepulauan Meranti. 

"250 pasukan Kodim 0303 ini tidak semuanya berada di Dumai, melainkan disebar di empat Kabupaten yang masih dalam wilayah kita yakni di Kabupaten Bengkalis, Rokan Hilir, Siak dan Kepulauan Meranti," kata Sukirman. 
Diterangkan Letkol Infantri Sukirman, ratusan pasukan yang disiagakan untuk pengamanan Pilgubri 2013 ini adalah pasukan yang telah siap siaga dan setiap saat siap untuk digerakkan didaerah yang terjadi gejolak. 

Menurutnya, diaturan Pemilu, unsur TNI tidak boleh mendekat atau masuk ke dalam area TPS (Tempat Pemugutan Suara), melainkan pihaknya hanya berada dan memantau dari lingkaran luar saja. 

Semua pasukan yang disiagakan tersebut, Lanjut Dandim, tidak sepenuhnya berasal dari Kodim 0303 melainkan pihaknya juga meminta dukungan dari Kompi 132 dan Denrudal Dumai. 

"Sebenarnya kita telah menyiapkan dan menstandbykan 250 pasukan disaat Kampanye beberapa waktu lalu dan 150 pasukan disaat masa tenang dan 250 pasukan pada hari H pencoblosan yang akan berlangsung hari ini (Rabu,4 September)," terang letkol Infantri Sukirman. 

Ditambahkan Dandim, jika dari lima daerah yang berada diwilayahnya mengalami masa eskalasi meningkat, maka pihaknya akan menerjunkan sebanyak 100 pasukan atau satu SSK (Satuan Setingkat Kompi) ke daerah yang mengalami situasi memanas. 

Untuk itu, Letkol Infantri Sukirman meminta kepada seluruh jajaran Koramil yang berada diwilayah, agar tetap siaga dan bersama unsur Upika untuk terus melakukan pemantauan diwilayahnya masing-masing. 

"Selain dari pada itu, Danramil juga diharapkan melakukan patroli dan pemantauan disekitar TPS atau dilingkaran luar guna melihat perkembangan, situasi dan kondisi diwilayahnya,” imbau Dandim 0303. 

Sedangkan kepada masyarakat Dumai, Bengkalis, Meranti, Siak dan Rohil, Dandim 0303 menghimbau agar tetap menjaga situasi dan kondisi daerahnya agar tetap aman dan kondusif seperti saat ini. 

"Namanya Pilkada, pasti ada yang menang dan kalah, untuk itu kepada semua masyarakat dan tim sukses masing – masing calon agar dapat menjaga kondusifnya Riau. Bagi masyarakat dan tim pendukung pasangan Cagubri yang menang tentunya dapat bersyukur dan kepada yang kalah, hendaknya dapat menyikapinya dengan legowo, lapang dada dan besar hati. Itu baru namanya Demokrasi," pungkasnya. (had)