Rabu, 11 September 2013

400 Anggota Kodim se-DIY Dilatih Tanggap Bencana



10 September 2013 | 12:12 wib


YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Sebanyak 400 personel TNI AD dari jajaran Kodim se-DIY dilatih materi tanggap bencana. Pelatihan yang digelar Korem 072/Pamungkas ini juga melibatkan 100 anggota ormas dan instansi sebagai peserta.

Kegiatan dijadwalkan berlangsung selama enam hari mulai Selasa (10/9). Tiga hari awal diisi penyampaian materi oleh narasumber di kompleks Mako Yonif 403 Kentungan Sleman. Tiga hari berikutnya beragendakan praktik yang akan dilaksanakan di kawasan lereng Merapi.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan prajurit dalam hal penanggulangan bencana," kata Kepala Staf Korem 072/Pamungkas Kolonel Inf Hardian Ahmadi di sela upacara pembukaan, kemarin.

Pelatihan ini merupakan bagian program galdi posko. Materi yang disampaikan antara lain penyuluhan hukum, UU bencana alam, pengetahuan evakuasi, penyiapan tempat pengungsian dan akhir, serta rehabilitasi rekonstruksi.

"Dari praktik lapangan ini, nanti akan dipetakan daerah rawan dan titik tempat pengungsian," kata Kepala Penerangan Korem 072/Pamungkas, Kapten Muhammad Munasik.

Sebelum erupsi 2010, di kawasan Cangkringan terdapat beberapa titik pengungsian akhir. Tapi lokasi itu kini dialihfungsikan jadi hunian tetap bagi korban erupsi.

Dalam penentuan tempat pengungsian, lanjut Munasik, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain tanah lapang, ada akses jalan masuk dan keluar, dekat dengan sumber air, dan bisa untuk pendaratan helikopter. (Amelia Hapsari/CN33/SMNetwork)