Jumat, 16 Agustus 2013

Peralatan dan Perlengkapan Satgas Kizi TNI di Kongo Diperiksa Nikky Sirait



Kamis, 15 Agustus 2013 10:54 WIB    


KONGO, Jaringnews.com - Kesiapan peralatan operasional berupa materiil, perlengkapan, persenjataan dan kendaraan milik Satgas Kizi TNI/IEO (Indonesia Engineering Company) diperiksa oleh tim COE (Contingent Owned Equipment) Monusco di Bumi Nusantara Camp, Dungu, Kongo, Selasa (13/8). Tim COE Monusco dipimpin oleh Bikas Sen dari Nepal, yang diterima langsung oleh Dansatgas Konga XX-J/Monusco, Letkol Czi Irfan Siddiq.

Kegiatan tiga bulanan ini digelar dengan tujuan untuk memeriksa kesiapan operasional peralatan dan perlengkapan Konga XX-J/Monusco setelah digunakan dari Mei sampai dengan Agustus. Sebelumnya, persisnya Mei lalu, tim COE telah menginspeksi peralatan dan perlengkapan tersebut.

Dalam siaran pers yang diterima Jaringnews.com di Jakarta, Kamis (15/8) hari ini, disebutkan bahwa rangkaian inspeksi diawali dengan paparan singkat Perwira Seksi Logistik Kapten Czi Hanif Tupen tentang kondisi peralatan dan perlengkapan yang dimiliki oleh TNI, dilanjutkan dengan pemeriksaan alat perlengkapan yang berada di Bumi Nusantara Camp maupun di beberapa lokasi pekerjaan seperti lokasi rehabilitasi jalan Dungu-Ngilima dan perbaikan jembatan Moke. Objek yang diinspeksi meliputi pemeriksaan perlengkapan perorangan (self-sustainment) dan beberapa alat utama Satgas (major equipment).

Hasil pemeriksaan ini menyebutkian bahwa peralatan dan perlengkapan yang dimiliki Konga XX-J/Monusco mendapatkan kategori lulus sesuai dengan standar yang ditetapkan. Namun demikian, ada beberapa kendaraan yang harus mendapat perhatian khusus, mengingat kondisi peralatan yang memang sudah memasuki usia tua. Hal ini mendapat tanggapan serius karena berkaitan dengan keselamatan kerja para prajurit di lapangan. (Nky / Nky)