Rabu, 28 Agustus 2013

Sepaska Kobangdikal Gembleng 15 Prajurit KopasusTNI AD



Surabaya,   Sebanyak 15 prajurit Koman­do Pasukan Khsusus (Kopasus) TNI AD digembleng Sekolah Pa­sukan Katak, Pusat Pendidik­an Khusus Komando Pendidi­kan Operasi Laut, Kobangdi­kal yang pendidikannya dibuka Komandan Kodikopsla Laksma TNI Aswad, SE, MM, di Lapagan Apel Pusdiksus, Ujung, Suraba­ya, Selasa, (27/8).

Prajurit Kopasus TNI AD yang pendidikannya dititip­kan di Sepaska Kobangdikal ini, bukanlah kali pertama, namun telah berulang belas­an kali guna mendapatkan ke­ahlian khusus pasukan Katak. Pendidikan kali ini merupak­an Pendidikan Komando Pasu­kan Katak Kopasus (Dikkopas­ka Kopassus) angkatan ke-14 yang telah dijalani Sepaska Ko­bangdikal.

Hadir dalam pembukaan ter­sebut Wadan Kodikopsla Kol­onel Laut (P) Sutrisno Sandi Asmara, Komandan Pusdiksus Kolonel Laut (P) Zainal Akbar, SSos, Danpusdiklapa Kolonel Laut (P) H Yudho Warsono dan para pejabat Kodikopsla lainya.

Dari 15 personil Dikpaska Kopasus yang akan men­jalani Pendidikan Dikkopaska Kopasus yang akan menjalani pendidikan melelahkan selama 3,5 bulan ini, semuanya ber­asal dari Satuan Detasemen 81 Gultor yang bermarkas di Cijantung Jakarta. Dari jumlah tersebut, dua orang diantaranya adalah Perwira Pertama, 12 orang strata Bintara dan satu orang sisanya Tamtama.

Dalam kesempatan tersebut, Dankodikopsla Laksma TNI As­wad mewakili Dankobangdikal menyampaikan tujuan diseleng­garakan Dikkpaska Kopassus ini untuk membentuk prajurit Ko­passus agar memiliki kemam­puan dan kecakapan sebagai Pasukan Katak yang mampu melaksanakan tugas-tugas khu­sus aspek laut mencakup oper­asi intelijen maritime, penyusupan dan penghancuran sasaran melalui laut dan lain-lain.

"Pasukan katak merupakan pasukan khusus yang mampu berperan ganda, selain melak­sanakan tugas-tugas intelijen juga melaksanakan pembersi­han bawah air untuk melemah­kan kekuatan musuh dan juga mendukung pelaksanaan operasi amphibi," jelasnya.

Sebagai personil pasukan khusus (Special Force) yang dise­gani dan dimiliki TNI AD lanjut­nya, maka pengetahuan dan keterampilan yang dipunyai pasukan katak juga harus dipunyai Ko­passus guna mendukung dalam pelaksanaan diberbagai medan penugasan. (ay), Sumber Koran: Pelita (28 Agustus 2013/Rabu, Hal. 17)