Rabu, 28 Agustus 2013

Jenderal Moeldoko Jadi Panglima TNI



Selasa, 27/08/2013 - 14:46


JAKARTA, (PRLM).- Sidang Paripurna DPR RI menyetujui Jenderal TNI Moeldoko menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Agus Suhartono yang segera memasuki masa pensiun.

Dalam Rapat Paripurna DPR yang dipimpin Wakil Ketua Priyo Budi Santoso, yang mengagendakan pengambilan keputusan persetujuan terhadap pemberhentian dan pengangkatan Calon Panglima TNI di Gedung DPR, Selasa (27/8), Moeldoko mendapat persetujuaan aklamasi.

Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin melaporkan dalam rapat tersebut bahwa Komisi I telah melakukan fit and proper test terhadap Calon Panglima TNI. Dalam rangka proses pemberian persetujuan terhadap penghentian dan pengangkatan panglima TNI sebagai kelengkapan kelengkapan administrasi.

“Calon Panglima TNI telah menyerahkan bukti penyerahan laporan kekayaan penyelanggara negara, NPWP, SPT pajak tahun terakhir, daftar riwayat hidup, dan surat keterangan berbadan sehat,” paparnya.

Pada uji kepatutan dan kelayakan calon panglima TNI pada tanggal 21 agustus 2013, Jenderal TNI Moeldoko menyampaikan visi dan misi sebagai calon panglima TNI, antara lain tentang inovasi managemen TNI yang lebih terintergrasi, profesional TNI, dan keutuhan NKRI.

Selanjutnya, Komisi I melaporkan persetujuannya terhadap pemberhentian Laksamana TNI Agus Suhartono sebagai Panglima TNI dan memeberikan aspresiasai atas capaian kinerja Panglima TNI, serta memberikan persetujuan Jenderal TNI Moeldoko menjadi Panglima TNI. (A-109/A-26)